SELASA , 11 DESEMBER 2018

Mau Kurangi Angka Kemiskinan di Pangkep? Solusinya IYL-Cakka

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Senin , 02 April 2018 17:51
Mau Kurangi Angka Kemiskinan di Pangkep? Solusinya IYL-Cakka

int

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Angka kemiskinan di Pangkep yang tergolong tinggi diyakini bisa berkurang jika Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar memimpin Sulawesi Selatan.

Pasalnya, program Rumah Produktif berbasis desa di setiap kecamatan se-Sulsel bisa menjadi solusi terbaik menekan angka pengangguran, sekaligus mengurangi kemiskinan.

Apalagi, di rumah produktif pasangan nomor urut 4 ini, berbagai jenis keterampilan bakal dimanfaatkan warga untuk mengelola dan memberdayakan berbagai potensi yang dimiliki di kabupaten penghasil ikan bandeng ini.

Itu sebabnya, saat Ichsan mengurai rumah produktif di setiap kampanyenya di Pangkep, warga begitu antusias mendengar dan mendambakan segera direalisasikan.

Sebelum mengurai rumah produktif, dia meminta kepada anggota DPRD Pangkep dari parpol pendukungnya agar membantu warga dengan mengurangi angka kemiskinan. Mengingat, Pangkep adalah salah daerah dengan penduduk miskin tertinggi.

“Saya minta bantuanta, kita bantu warga Pangkep untuk mengurangi angka kemiskinan,” kata Ichsan sebelum menjelaskan program unggulannya.

Selanjutnya dia menjelaskan, Rumah Produktif adalah program bidang perekonomian rakyat yang juga akan membuka lapangan kerja baru.

Rumah Produktif ini adalah pendampingan bagi pelaku usaha UKM pemula. Dimana akan memberikan pelatihan pelaku UKM pemula, mulai dari pelatihan, produksi, modal usaha hingga pemasaran. Di setiap kecamatan, akan di sebar masing-masing 4 serjana yang ahli di bidangnya masing-masing sesuai dengan potensi wisata alam masing-masing daerah.

“Insya Allah. Orang Pangkep yang menganggur itu dicari oleh pekerjaan, bukan dia yang mencari pekerjaan. Itulah gunanya yang dimaksud rumah produktif,” kata Ichsan.

Rumah produktif ini akan dibangun di setiap Kecamatan se-Sulsel di tahun pertama masa jabatannya jika kelak terpilih. Termasuk di Kecamatan Ma’rang.

“Tapi kapang dibangun? Saya jawab sama kita. Insya Allah setelah pelantikan, tahun pertama yang berjalan Rumah Produktif di semua kecamatan, termasuk di Kecamatan Ma’rang akan kami bangun,” ucap Ichsan.

Terkait itu, anggota DPRD Pangkep, Andi Muhammad Ridha mengaku terkesimah dengan program yang ditawarkan IYL-Cakka. Mendengar penjelasan Ichsan, dia mengaku program itu akan meretas angka kemiskinan di Kabupaten Pangkep.

Apalagi, program itu disampaikan oleh tokoh yang dikenal komitmen. Tidak berani berjanji jika tidak bisa dikerjakan. Tidak hanya itu saja, akan tetapi dia yakin dengan modal pengalaman IYL-Cakka.

“Pengalaman itu adalah guru yang paling besar. Bapak IYL-Cakka 10 tahun jadi Bupati Gowa dan Andi Mudzakkar sudah dua periode jadi Bupati Luwu. Jadi jangan ragukan beliau. Mengurangi angka kemiskinan, solusinya pilih IYL-Cakka,” pungkasnya. (*)


div>