RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Mau Sehat dan Panjang Umur? Lakukan Aktivitas Ini

Reporter:

Editor:

Iskanto

Minggu , 09 September 2018 09:47
Mau Sehat dan Panjang Umur? Lakukan Aktivitas Ini

Dengan olahraga dan beberapa fase latihan, bisa melatih fungsi reproduksi lebih optimal. (Istimewa)

RAKYATSULSEL.COM– Dilansir TIME, para ahli mengatakan bahwa bentuk olahraga apa pun bagus untuk dilakukan. Tapi sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga beregu ternyata memberikan hasil yang lebih baik daripada olahraga yang dilakukan sendiri.

Interaksi sosial yang terlibat dalam olahraga beregu terbukti bisa menambah banyak manfaat, salah satunya adalah memperpanjang umur. Penelitian ini dituangkan dalam Mayo Clinic Proceedings.

“Untuk kesejahteraan mental, kesehatan fisik serta umur panjang, hubungan sosial mungkin adalah satu-satunya fitur paling penting untuk menjalani hidup yang lebih lama, sehat, dan bahagia,” kata James O’Keefe, seorang ahli jantung di Saint Luke’s Mid America Heart Institute.

Menurut O’Keefe, beberapa olahraga yang juga dapat memperpanjang usia adalah tenis, bulu tangkis, dan sepak bola. Penelitiannya menunjukkan bahwa olahraga tersebut lebih efektif untuk memperpanjang usia daripada bersepeda, berenang, joging atau olahraga yang dilakukan sendiri.

Penelitian yang dilakukannya tersebut berdasar pada data dari sekitar 8.500 orang dewasa di Copenhagen, Belanda. Seluruh partisipan pun tidak memiliki riwayat penyakit jantung, stroke atau kanker.

Partisipan yang terlibat diminta untuk menyelesaikan kuesioner kesehatan dan gaya hidup, termasuk pertanyaan tentang jenis dan frekuensi aktivitas fisik yang dipantau oleh para peneliti selama 25 tahun.

Meskipun banyak dari responden melaporkan telah melakukan beberapa aktivitas fisik setiap minggu, mereka tetap diminta untuk menunjuk satu jenis olahraga sebagai bentuk latihan utama mereka.

Para peneliti kemudian menggunakan data yang ada untuk mencari asosiasi dengan umur panjang, dan disesuaikan dengan berbagai faktor, termasuk latar belakang sosial ekonomi, pendidikan dan minum.

Selang waktu berlalu, 4.500 orang yang meninggal disinyalir memiliki intensitas olahraga beregu lebih kecil dibanding yang melakukannya. Sedikit banyak, penelitian tersebut membuktikan bahwa olahraga beregu tak hanya meningkatkan kesehatan fisik, melainkan juga menjaga kesehatan mental lewat interaksi sosial.

Nah, Anda mau sehat dan panjang umur? Lakukan aktivitas olahraga beregu. Karena aktivitas jenis ini terbukti bisa memberikan manfaat lebih baik dari olahraga yang dilakukan sendiri. Anda juga dapat menerapkan kiat sehat dari berbagai negara seperti Jepang, Italia dan Korea Selatan.(NP/RVS/klikdokter)


div>