MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Mau Selalu Fresh setiap Kali Bangun Tidur, Ikuti Hal Ini…

Reporter:

Editor:

dedi

Jumat , 24 Maret 2017 22:42
Mau Selalu Fresh setiap Kali Bangun Tidur, Ikuti Hal Ini…

ILUSTRASI

RAKYATSULSEL.COM – Bangun tidur dengan fresh adalah keinginan semua orang. Namun, berdasarkan survey yang dilakukan National Sleep Foundation, sekitar 60 persen orang Amerika bangun pagi dengan perasaan grogi.

Supaya merasa fresh saat bangun tidur, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya meminum teh chamomile. Yaitu teh yang dibuat dari bunga chamomile. Selain itu, sebisa mungkin menghindari check e-mail selama sudah berada d atas ranjang.

Tapi masalahnya, tidak semua orang mudah dibangunkan. Bila sudah begini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya persoalan bangun tidur menjadi lebih mudah. Pertama, kita harus menghentikan kebiasaan menekan tombol snooze (tombol untuk menghentikan alarm dan membunyikan lagi kemudian).

Dokter spesialis saraf Columbia Doctors Midtown dari New York City, Dr. Andrew Westwood mengatakan, dia mengamati perilaku menekan tombol snooze bisa diulang hingga 12 kali. ’’Kebiasaan buruk seperti itu hanya merugikan diri sendiri. Lebih baik kita mengatur waktu alarm di waktu yang benar-benar kita inginkan untuk bangun,’’ paparnya.

[NEXT-RASUL]

Kedua, dekatkan tempat tidur dengan jendela. Supaya di pagi hari, cahaya matahari lebih mudah menyilaukan mata. Selanjutnya, ketiga adalah membasuh wajah menggunakan air dingin. ’’Ini memang cara lama, tapi terbukti berhasil. Air dingin memicu reflek adrenalin yang membangkitkan semangat,’’ imbuh Westwood.

Cara keempat, adalah tetap disiplin pada jadwal. Menurut Brant Hasler, PhD, Peneliti tidur dan asisten professor psikiatri di University of Pittsburgh, hampir semua orang memilih tidur lebih lama satu jam saat weekend. Sebenarnya, lebih baik tetap bangun seperti hari-hari biasa. ’’Saat weekend, juga tidak ada salahnya tidur siang sebentar,’’ ujarnya.

Terakhir, adalah minum air putih. Saat tidur, tubuh tidak mengkonsumsi apa-apa. Hal itu menjadikan saat bangun jadi merasa loyo. Salah satu studi pada 2011 di American Journal of Nutrition menyebutkan, orang yang kurang minum lebih sering menderita sakit kepala dan sulit berkonsentrasi daripada yang kebutuhan airnya tercukupi. (foxnews/ina/tia)


div>