JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Melirik Program Inovasi Camat Bacukiki, Kota Parepare

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 19 April 2016 11:03
Melirik Program Inovasi Camat Bacukiki, Kota Parepare

Foto : Wali Kota Parepare, Dr. HM Taufan Pawe saat memberi sambutan dalam launching program Simpel yang digelar bersamaan dengan rapat koordinasi dan pemberian insentif RT, RW di Baruga Peduli, Senin (18/4)

PAREPARE,RakyatSulsel.com – Satu lagi inovasi yang patut dibanggakan oleh pemerintah Kota Parepare, yakni program e-Bacukiki Peduli dengan nama Simpel (Sistem Pelayanan) berbasis IT. Selain memberikan kemudahan dalam hal pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat, program ini juga membantu tugas camat dan lurah di Kecamatan Bacukiki untuk memantau tata kelolah kependudukan di wilayah kerjanya.

Atas ide tersebut, Wali Kota Pare, Dr. HM Taufan Pawe memberikan apresiasi dan pujian, bahkan Taufan meminta kepada Kepala Bagian Humas,  Amarun Hamka untuk menyampaikan kepada camat-camat untuk mengikuti dan menerapkan program tersebut.

“Hebat Bacukiki, hebat camatnya, Bacukiki kini jadi kecamatan terdepan di Parepare, tolong pak kabag sampaikan kepada semua camat lain agar mengikuti jejak camat Bacukiki, barusan ada yang seperti ini,” pinta Taufan.

Program Simpel yang dilaunching dalam rapat koordinasi se-kecamatan Bacukiki di Baruga Peduli, Senin, (18/4) ini kini menjadi kebanggaan baru bagi masyarakat Bacukiki.

“Aplikasi simpel berbasis IT ini juga bisa dibuka melalui android atau HP sehingga memudahkan lurah dan Camat untuk memantau data kependudukan di manapun berada,” ujar Camat Bacukiki, HM Iskandar Nusu.

Iskandar Nusu juga membeberkan jika program simpel tersebut dapat mengupdate secara otomatis data kependudukan warganya yang meninggal dunia atau pindah tempat tinggal, juga mengkategorikan jenis profesi dan pekerjaan warga sehingga aplikasi tersebut dapat digunakan dalam pendataan untuk kategorisasi warga miskin.

[NEXT-RASUL]

Program simpel yang dilaunching tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian insentif kepada Ketua RT, RW, unsur tripika, Imam Masjid dan Kelurahan yang ada di kecamatan Bacukiki.

Sebelumnya, Camat Bacukiki, HM Iskandar Nusu mengatakan program tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi sebagai kecamatan terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat.

Kecamatan yang memiliki luas wilayah 79,70 kilometer persegi dengan penduduk 14. 787 jiwa ini menjadi pelopor program berbasis IT yang dapat mengapdate secara otomatis data kependudukan dan dapat memudahkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

“Program ini dapat mengakses data serta mempercepat proses pendataan penduduk yang ada di Kecamatan Bacukiki. Program Simpel ini juga akan mengapdate jumlah data penduduk secara otomatis,” ujar Camat Bacukiki, HM Iskandar Nusu.

Mantan Kabag Humas Setdako Parepare ini menjelaskan, data penduduk yang pindah maupun meninggal dunia akan berubah secara otomatis pada saat pihak kelurahan mendapatkan keterangan dari pihak keluarga atau yang bersangkutan.

Selain itu, aplikasi Simpel dapat pula memudahkan segala pengurusan administrasi penduduk karena telah dilengkapi sejumlah administrasi kependudukan yang dibutuhkan penduduk dalam mengurus administrasi atau surat keterangan, yaitu dengan cara memasukkan nomor induk kependudukan yang dimiliki.

[NEXT-RASUL]

Program ini kata Iskandar diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat kecamatan Bacukiki. (D)


Tag
div>