SENIN , 22 OKTOBER 2018

Memuliakan Kehidupan Publik

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 14 April 2016 10:23
Memuliakan Kehidupan Publik

int

Politik adalah pilihan. Bukan karena tujuan kekuasan, melainkan untuk memuliakan kehidupan publik. Ada panggilan nurani, demi tekad mewujudkan kebersamaan dan kemajuan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa H. Tasming Hamid, SE, tampil di pentas politik. Anak muda hebat berusia 28 tahun tersebut, sukses melaju sebagai anggota DPRD Kota Parepare setelah tampil sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilu Legislatif DPRD Kota Parepare 2014 lalu.

Sebuah pencapaian spektakuler untuk ukuran politisi muda di Kota Parepare. Tasming yang selama ini menggeluti bisnis otomotif, memilih bergabung di Partai Demokrat. Ia tercatat sebagai Ketua Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI) Parepare.

Politik ibarat jalan untuk mendedikasikan diri bagi orang banyak. Anak ketiga dari pasangan (almarhum) Abdul Hamid dan Hj.Tammase ini, bertekad mewarnai demokrasi daerah dengan kerja-kerja yang merakyat. Sebagai anggota DPRD yang kritis menyuarakan kepentingan rakyat, dan tampil sebagai warga biasa yang sederhana.

Sebaliknya, politik jangan dijadikan modus untuk memperkaya diri. Sebagai wakil rakyat, Tasming berupaya amanah dalam bekerja sehingga kehadirannya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tak mengherankan pula jika ia dikenal vocal obyektif di berbagai rapat dan atau sidang-sidang resmi DPRD Parepare. “Di DPRD, saya mendapat kepercayaan sebagai Ketua Fraksi Demokrat dan masuk di Banggar (Badan Anggaran). Sebisa mungkin, kepentingan rakyat kami suarakan. Keberpihakan terhadap rakyat merupakan kepuasan tersendiri,” terangnya.

Bagi Tasming yang juga Ketua BPC Hipmi Parepare itu, menjadi politikus merupakan upaya yang mulia guna mewujudkan cita-cita memperjuangkan terwujudnya kemaslahatan dan kesejahteraan orang banyak. “Bagi saya kekuasaan adalah sasaran antara, dan bukan tujuan utama. Bagi saya kekuasaan dibutuhkan untuk membangun masa depan dan kehidupan kita semua menjadi lebih baik. Karena hakikat politik adalah memuliakan kehidupan publik,” ujar Tasming.

Respon publik mengalir menyambut kehadiran Tasming di pentas politik Kota Parepare. Tak seperti kebanyakan politisi lain, Tasming Hamid mampu tampil konsisten mewujudkan program-program kepedulian yang dijanjikan saat kampanye Pemilu.

Diantaranya memberangkatkan warga untuk melakukan ibadah umroh, bantuan air bersih kepada konstituen, penyediaan kursi pesta secara gratis untuk rakyat, ambulans gratis, dan berbagai program sosial lainnya.

Ia tampil terdepan mengkampanyekan pentingnya kemandirian berusaha. Melalui BPC Hipmi, Tasming terjun ke kampus-kampus mendorong mahasiswa untuk berwirausaha. “Kuncinya adalah punya kreatifitas dan ada kemauan yang kuat. Anak muda harus terus belajar untuk bisa bermanfaat bagi sesama,” katanya.

Sebelum eksis di politik, Tasming dikenal sebagai pengusaha. Pengalaman usaha kedua orangtuanya, menjadi guru berharga bagi Tasming dalam memajukan roda bisnisnya. Saat ini, ia tercatat sebagai Komisaris Utama PT. Matahari Sinar Timur dan Direktur CV. MST OTO.

Perhatian terhadap usahanya tetap berjalan di tenagah kesibukannya sebagai anggota DPRD. “Background saya sebagai pengusaha. Hidupku jadi di pengusaha dan politik adalah pengabdian,” tutur Tasming Hamid.

Berbagai pengharapan memajukan Parepare ditujukan ke Tasming Hamid. Konsistensi keberpihakan terhadap publik yang ditunjukkan selama ini, memicu harapan banyak warga agar pria kelahiran 5 September 1985 itu, tetap eksis di pentas politik.

Apa reaksi Tasming Hamid? “Saya pribadi mengalir saja. Saya tidak menampik adanya suara-suara yang mendorong agar saya maju di Pilkada nanti. Saya mengalir saja, karena politik itu dinamis. Yang terpenting sekali lagi adalah bagaimana kita bias bermanfaat untuk sesama,” jawabnya. (*)


div>