KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Menag RI bicara Politisasi Agama di Raker Kemenag Sulsel

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 16 Februari 2018 16:09
Menag RI bicara Politisasi Agama di Raker Kemenag Sulsel

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi rapat kerja (Raker) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel di Aula 2 Asrama Haji, Sudiang, Kamis (15/2).
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulsel, Dr. H. Abd. Wahid Thahir, dalam sambutannya mengatakan, hal ini menjadi bukti kecintaan dan perhatian Menteri Agama kepada Masyarakat dan umat beragama di Sulsel.
“Dan disinilah letak kesyukuran dan kebanggaan kami kepada Beliau (LHS),” ujarnya.
Dalam arahannya, Lukman Hakim menuturkan,  sikap Kemenag RI yang ingin meneguhkan Islam “wasathiyah” (moderasi keagamaan) dalam bingkai NKRI. Karena paradigma ini dianggap sangat pas dan cocok diterapkan dan mudah diterima bagi seluruh Rakyat Indonesia.dimana pemahaman dan pengamalan keagamaan kita harusnya moderat, tidak boleh extrim atau berlebih-lebihan dan tidak sejalan dengan jati diri keindonesiaan
Yang lain , Putera Mantan Menteri Agama KH. Saifuddin Zuhri kembali menjelaskan bahwa soal Zakat bagi ASN yang selama ini dipolemikkan dan digoreng issunya sedemikian rupa.
Lukman Hakim Saifuddin menyatakan dwngan lantang bahwa Negara dalam posisi ini hanya sebatas “menfasilitasi” pengamalan ajaran agama bagi pemeluknya termasuk dalam upaya pendayagunaan serta optimalisasi dana zakat bagi para muzakki termasuk para ASN yang beragama Islam.
Lukman Hakim menambahkan bahwa sekiranya regulasi penghimpunan zakat ASN Muslim diterapkan, maka pemerintah tidak akan menyentuh dana tersebut.
“Optimalisasi pembayaran zakat ini saya analogikan dengan menunaikan ibadah haji. Berhaji itu adalah hal yang diwajibkan dalam agama, dan bukan negara yang mewajibkannya. Posisi negara hanya sebagai pengelola atau fasilitator, demikian halnya dengan zakat, negara hanya mengelola tanpa ada maksud untuk kepentingan dan tujuan politik”, pungkasnya. (*)

div>