JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Menanti Kejutan SYL

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Selasa , 17 Juli 2018 10:30
Menanti Kejutan SYL

Dok. RakyatSulsel

*Maju di DPR RI Dapil Sulsel 2*

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Persaingan menuju kursi DPR RI dari Dapil Sulsel pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang dipastikan berlangsung ketat.

Mantan Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dipastikan ikut bertarung di Dapil Sulsel 2 yang meliputi Kabupaten Sinjai, Bone, Maros, Bulukumba, Pangkep, Barru, Soppeng, Wajo, dan Parepare.

SYL yang juga Ketua DPP Bidang Otonomi Daerah DPP NasDem akan bersaing dengan politikus NasDem lainnya Akbar Faizal dan mantan anggota DPD RI, Aziz Qahhar Mudzakkar yang maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain Akbar Faizal dan Aziz Qahhar Mudzakkar, nama lain yang yang ikut bersaing di Dapil Sulsel 2 yakni, mantan Bupati Sinjai, Rudiyanto Asapa dan Wakil Bupati Soppeng, Supriansa. Rudiyanto Asapa diplot oleh Gerindra, adapun Supriansa melalui Partai Golkar.

Kepastian SYL maju di Dapil Sulsel 2 diungkapkan Sekjen DPP NasDem, Johny G Plate. Ia menuturkan jika SYL berada di Dapil Sulsel 2 bersama Akbar Faizal. “Ia benar, Pak SYL di Dapil 2,” jelasnya.

Menurutnya, SYL yang pernah menjabat Gubernur Sulsel adalah modal penting untuk menuju Senayan. “Pak Syahrul punya pengalaman luar biasa. Gagasan beliau sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse (RMS) yang dikonfirmasi soal majunya SYL di DPR RI, enggan berkomentar banyak. Menurutnya, hanya SYL bersama DPP NasDem yang mengetahui. “Kami belum tahu, coba tanya bersangkutan (SYL),” ujar RMS.

Meski belum mengetahui kepastian SYL bertarung merebut kursi Senayan. Namun, Bupati Sidrap itu membeberkan jika nama anak SYL, Indira Chunda Thita Syahrul yang hijrah dari PAN dan gabung dengan NasDem diplot di Dapil Sulsel 1 yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar.

Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir mengatakan, sebagai mantan Gubernur Sulsel, SYL masih punya pengaruh dan peluang besar untuk ke Senayan. “Pasti peluang terbuka. SYL memang perlu maju caleg DPR RI, agar bisa menjaga peluang jadi pimpinan DPR jika terpilih,” ujanya.

Menurutnya, peluang SYL terbuka di semua dapil. Bahkan di luar Sulsel pun SYL bisa punya peluang lolos ke Senayan. Hal ini dikarenakan SYL pernah menjadi ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Dia menambahkan, jika SYL serius maju di DPR RI, maka sosialisasi tetap harus dilakukan meski ia adalah mantan gubernur. “Tetap harus kerja keras, sebab pesaingnya kuat-kuat, namun ketokohan SYL saya pikir cukup membantunya untuk lolos ke Senayan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem, Willy Aditya mengaku mempersiapkan, Syahrul Yasin Limpo untuk menjadi Caleg, namun penempatan SYL kemungkinan bukan di wilayah yang pernah dikuasainya selama dua periode menjabat Gubernur Sulsel. “Ada beberapa pertimbangan SYL akan diplot menjadi caleg di Dapil diluar Sulsel,” kata Willy.

Menurutnya, SYL yang pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi se-Indonesia (APPSI) dua periode menjadi modal bagi SYL untuk dapat menjadi caleg di mana saja.

“Memang NasDem mempersiapkan pak Syahrul jadi caleg, namun untuk dimana tempatnya, kita masih menunggu arahan dan petunjuk ketua umum,” tutur Willy Aditya. (*)


div>