RABU , 12 DESEMBER 2018

Mencari Sosok Pemimpin

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 14 Februari 2018 08:30
Mencari Sosok Pemimpin

Ema Husain Sofyan

MENCARI sosok pemimpin bukan hal gampang, kata-kata ini sering menjadi bahan diskusi di setiap pertemuan dengan para penggiat demokrasi. Sosok pemimpin adalah mereka yang bisa memimpin warganya dan menjadi panutan bagi masyarakat, ini syarat sederhananya seorang pemimpin.

Defenisi yang dikemukakan oleh salah seorang ahli, Sam Walton yang mengatakan, bahwa pemimpin besar akan berusaha menanamkan rasa percaya diri pada dirinya dan para pendukung. Jika orang memiliki percaya diri tinggi, maka kita akan terkejut pada hasil luar biasa yang akan mereka raih.

Dari pandangan di atas yang memaknai konsep pemimpin pada konteks percaya diri, namun menurut penulis kepercayaan diri hanya salah satu yang menjadi tolak ukur seorang pemimpin. Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi individu maupun kelompok lain untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Menjelang Pilkada Serentak 2018, pengetahuan mengenai sosok yang layak menjadi pemimpin harus dimiliki oleh masyarakat Sulawesi Selatan, yang saat ini menantikan sosok pemimpin yang baru. Sosok pemimpin yang ideal diterjemahkan oleh masing-masing tim pasangan calon berbeda-beda.

Bagi penulis, hal tersebut wajar karena masing-masing tim pasangan calon akan berlomba untuk memasarkan sosok pemimpin mereka, dan berharap masyarakat yang merupakan pemilih dapat menentukan pilihannya.

Dalam sebuah forum diskusi yang dihadiri oleh para aktivis yang bergerak di isu – isu pro demokrasi, memberi catatan tentang sosok seorang pemimpin di Sulawesi Selatan. Bagi mereka yang bergerak di isu tertentu, misalnya isu disabilitas, mereka berharap sosok pemimpin nantinya mempunyai kepedulian terhadap kelompok disabilitas yang menjadi bagian masyarakat, yang selama ini masih terpinggirkan.

Disamping itu, untuk isu pemberantasan korupsi mereka berharap bahwa sosok pemimpin yang diharapkan adalah sosok yang tidak menjadi bagian dari skandal korupsi. Hal ini menjadi penting bagi mereka, bahwa pemimpin yang bersih adalah pemimpin yang tidak pernah terlibat kasus-kasus korupsi.

Isu perempuan dan anak juga adalah hal yang penting menjadi syarat bagi sosok pemimpin. Bukan pelaku kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hal ini kelihatan sederhana, tetapi menjadi penting untuk dimiliki oleh seorang pemimpin.

Sosok pemimpin yang ideal tentu menjadi harapan bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Jika kata ideal diturunkan menjadi lebih detail, maka sesungguhnya sosok pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang senantiasa mengedepankan kejujuran. Pemimpin yang jujur akan dicintai oleh masyarakat, dan masyarakat akan memberi kepercayaan kepada pemimpin yang jujur.

Mencari sosok pemimpin yang ideal memang bukan hal yang mudah. Tetapi kita harus berusaha untuk mengenali para calon pemimpin. Salah satu cara sederhananya adalah melihat latar belakang para calon. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana masyarakat yang kelak akan menggunakan hak pilihnya, sungguh-sungguh mengenali para pemimpinnya sehingga para pemilih bisa menentukan pemimpin mereka.

Penulis berharap, sosok pemimpin yang akan memimpin lima tahun kedepan adalah pemimpin yang mempunyai kemampuan memimpin. Mempunyai integritas, dimana tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya. (*)


div>