SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Mendagri Dijadwalkan Lantik Plt Gubernur dan Sekprov

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Jumat , 06 April 2018 11:15
Mendagri Dijadwalkan Lantik Plt Gubernur dan Sekprov

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dijadwalkan akan hadir melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, di Makassar, Senin (9/4/2018) mendatang.

“Iye, dijadwalkan pak Mendagri hadir melantik Pj Gubenur Sulsel nanti,” kata calon Plt Gubenur Sulsel, Soni Sumarsono melalui via seluler Kamis (5/4/2018).

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementrian dalam negeri (Kemendagri) ini menjelaskan, dalam lawatannya di Makassar selain melantik pejabat baru Plt Gubenur, Mendagri juga dijadwalkan akan melantik Plt Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel. Mendagri akan di dampingi Dirjen dan Deputi pejabat Kemendagri.

“Waktu pelantikan berbeda, tapi kemungkinan pada hari yang sama tanggal 9 April. Pak Menteri didampingi para pejabat eselon I dan II Kemendagri,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD (Sekwan) Sulsel, Muhammad Jabir mengatakan, sesuai informasi pelantikan plt Gubernur Sulsel rencana akan di Hadiri Mendagri dan rombongan. “Hari senin pelantikan Plt Gubernur Sulsel, dan informasi sementara hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Kami juga saat ini belum menerima undangan untuk menghadiri pelantikan tersebut,” aku Jabir.

Menurutnya, setelah pelantikan, keesokan harinya tanggal 10 April. Plt Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono akan menjadi Gubernur yang akan menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulsel akhir tahun 2017 saat rapat paripurna Dewan nanti.

Menurutnya, laporan yang seharusnya disampaikan oleh Syahrul Yasin Limpo alias SYL. Akan diambil alih oleh Soni karena masa aktif SYL sebagai Gubernur sampai tanggal 8 April 2018.

“Setelah pelantikan, keesokan hari. Tugas pertama Plt Gubernur akan menyampaikan LKPJ Gubernur Sulsel, akhir tahun 2017 di hadapan paripurna Dewan,” katanya.

Menanggapi jabatan Plt Gubenur yang dilanjutkan sementara oleh Soni. Pakar Politik Unismuh Makassar, Luhur Priatno berpendapat penunjukan meski sudah ada regulasi tentang syarat-syarat menjadi Plt Gubernur.

Menurut dia, pada prinsipnya, di samping memenuhi syarat regulasi sang Plt juga harus memastikan situasi stabilitas sosial politik yang menunjang free and fair local election.

“Tugas utamanya pak Soni mengawal transisi kepemimpinan berjalan secara damai, oleh karena itu Plt harus maksimal memfasilitasi penyelenggara Pilkada melaksanakan tugasnya,” tuturnya.

Dia menambahkan, Soni merupakan tokoh Plt yang berpengalaman, namun harus dipastikan tidak memiliki konflik kepentingan dengan kepemimpinan atau kandidat yang berkontestasi di Pilgub Sulsel. “Soal asal daerah, saya kira tidak harus juga putra Sulsel. Yang penting tokoh itu tidak punya jejak rekam negatif dengan Sulsel,” pungkasnya. (*)


div>