MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Mendesak, Masyarakat Kepulauan Selayar Butuh Kapal!

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 19 Agustus 2018 22:30
Mendesak, Masyarakat Kepulauan Selayar Butuh Kapal!

Tokoh Pemuda Kabupaten Kepulauan Selayar, Muassir

SELAYAR, RAKYATSULSEL.COM – Kelancaran akses transportasi merupakan kebutuhan mendesak bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, saat ini. Pemerintah belum bisa menyiapkan fasilitas transportasi yang memadai untuk masyarakat, khususnya bagi yang bermukim di lima kecamatan di daerah kepulauan.

Salah satu tokoh pemuda Kabupaten Kepulauan Selayar, Muassir, menyampaikan, pemerintah melarang kapal kayu yang selama ini memuat penumpang ke daerah kepulauan, untuk beroperasi. Alasannya, kapal kayu tersebut tidak layak, dan merupakan kapal barang. Namun di sisi lain, pemerintah tidak menyiapkan kapal yang memadai.

“Kami mengapresiasi aturan yang mengutamakan keselamatan penumpang. Tapi, harus ada solusi bagi masyarakat kepulauan,” kata Muassir, Minggu (19/8).

Ia menuturkan, ada kapal fery yang menuju ke kepulauan, tapi hanya beroperasi sekali seminggu. “Jika kondisinya tetap seperti ini, maka kasian masyarakat,” lanjut pengurus DPD KNPI Sulsel ini.

Muassir berharap, kelancaran akses transportasi laut bisa menjadi program prioritas pemerintah. Mengingat, Selayar merupakan daerah kepulauan.

“Kadang, alasan yang muncul adalah ini bukan kewenangan pemerintah daerah, tapi pemerintah pusat. Tapi, kami harap ada langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah, untuk mendesak pemerintah pusat agar secepatnya ada solusi,” kata Muassir. (*)


div>