MINGGU , 21 JANUARI 2018

Menengok Aktivitas PNPM-MP Jipang

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 03 September 2012 11:05
Menengok Aktivitas PNPM-MP Jipang

Menjahit merupakan salah satu usaha produktif dalam PNPM-MP.

Menjahit merupakan salah satu usaha produktif dalam PNPM-MP.

RAKYAT SULSEL . PELAKSANAAN program pusat PNPM-MP telah membawa pengaruh besar untuk kemajuan masyarakat di Kabupaten Gowa. Baik dalam bentuk peningkatan sarana fisik maupun ekonomi masyarakat sasaran program tersebut. Salah satu desa  yang  sukses melaksanakan PNPM-MP adalah Desa Jipang, Kecamatan Bontonompo Selatan (Bonsel), Kabupaten Gowa.

Hal ini diungkapkan penanggung jawab Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Kabupaten Gowa, Asrul.

Desa Jipang yang memiliki lima dusun ini berhasil mengelola bantuan yang diberikan melalui BKM dan KSM setempat.

Menurut Camat Bonsel, Abdullah Sirajuddin, melalui upaya-upaya pemberdayaan dan partisipasi masyarakat secara bertahap akan meningkatkan kemampuan dan kesejahteraannya.  Sebelum masyarakat melaksanakan kegiatannya, kata dia, masyarakat terlebih dahulu mengadakan rapat forum musyawarah desa yang dihadiri tokoh masyarakat, Ketua LKMD, Ketua BPD, serta fasilitator teknis PNPM-MP.

Dikatakannya, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan berdasarkan usulan atau gagasan dari masayarakat. Ini  akan menjadi bahan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Disinggung, musyawarah yang dilaksanakan tersebut terbuka bagi segenap anggota masyarakat untuk menghadiri dan memutuskan jenis kegiatan yang paling prioritas dan mendesak. untuk dilaksanakan.

Kepala Desa Jipang, Kecamatan Bonsel, Gowa, Rosdiati Majid Dg Datu mengatakan, pihaknya tetap memberikan dukungan dan dorongan kepada seluruh pihak pengelolah di PNPM-MP di desanya. Karena menurutnya, melalui program ini, maka sangat membantu peningkatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melalui pemberian pinjaman dana melalui kredit simpan pinjam perempuan (SPP).

Bahkan, kata dia, setelah dilakukan pemantauan dilapangan terhadap kegiatan PNPM-MP di Desa Jipang mulai dari  2009 smpai 2012, maka walhasil ternyata program peningkatan sarana infrastruktur pada lima dusun seperti di Dusun Jipang, Sappole Tanah, Alluka, Soreang, serta Dusun Pangka Je’ne meningkat drastis. Seluruh hasil  pembangunan yang berasal dari program PNPM-MP meliputi kegiatan, peping blok dan drainase serta jalanan usaha tani sudah lama dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dia menambahkan, pengelola program ini  juga menyampaikan bahwa pada 2013 nanti, sesuai hasil musyawarah akan dibangun lagi 600 meter Peping blok di Dusun Sappole Tanah. “Ini merupakan berita yang menggembirakan bagi masyarakat untuk menghilangkan kekumuhan,” ujarnya.

Sabang Dg Narang  mengakui, melalui program PNPM-MP, lima kelompok di wilayah Jipang yang mengelola SPP  berjalan baik  sesuai harapan masyarakat. “Usaha produktif perempuan seperti, kelompok menjahit, usaha kecil bahan campuran beserta industri lainnya sangat menopang peningkatan kesejahteraannya,” tandas Sabang saat ditemui di kediamannya Minggu (3/9). (K1/D)


Tag
div>