SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Mengenang Sejarah Kakeknya, Jadi Alasan Raja Salman Kunjungi DPR

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 01 Maret 2017 17:24
Mengenang Sejarah Kakeknya, Jadi Alasan Raja Salman Kunjungi DPR

Kesiapan DPR untuk menerima kunjungan Raja Salman. foto: jpg

JAKARTA – Ada alasan tersendiri mengapa Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Faud datang ke DPR dalam lawatannya ke Indonesia. Dia ingin mengulang sejarah kakeknya, Raja Faisal bin Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Saud saat berpidato di gedung yang bernama DPR-GR (Gotong Royong) kala itu.

“Isunya itu adalah ini pidato Raja Salman mengulang pidato Raja Faisal 47 tahun lalu di Gedung DPR-GR. Sekarang hal yang sama juga dilakukan setelah 47 tahun,” ujar Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/3).

Tak hanya berpidato, Raja Salman juga akan menyaksikan film pendek bagaimana kunjungan kakeknya kala itu. “Yang utama nanti kita nonton film pendek tentang kilas balik kunjungan Raja Faisal,” tambahnya.

Kata Fahri, kedatangan Raja Salman ke DPR tak lepas dari peran diplomasi yang dilancarkan diplomat Indonesia. Pimpinan DPR pun sempat melobi Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi, Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh saat mengunjungi DPR beberapa waktu lalu.

Pada saat itu, ditunjukkanlah sebuah video bahwa Raja Faisal pernah mengunjungi DPR pada Juni 1970 silam.

“Beliau (Raja Salman) ingin melihat gedung DPR dan berada di tempat yang sama dulu kakeknya di situ. Datenglah beliau sekarang ini,” pungkas Fahri.

Sekedar informasi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud saat ini sudah tiba di Indonesia. Dia datang pada pukul 12.45 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dan disambut langsung Presiden Joko Widodo dan pejabat utama pemerintahan

Adapun Raja Salman datang bersama rombongan yang berjumlah 1.500 orang hingga tanggal 9 Maret. Mereka akan mengunjungi tiga kota, pertama Jakarta, lalu Bogor dan Bali. (jpg)


div>