SENIN , 17 DESEMBER 2018

Menghadapi Pergantian Tahun…

Reporter:

rakyat-admin

Editor:

Senin , 19 Desember 2016 10:15
Menghadapi Pergantian Tahun…

int

Menjelang akhir tahun 2016, mari kita laksanakan segala tugas dan tanggung jawab kita dengan selamat, sukses dan baik-baik saja, serta semua jalan sesuai harapan kita. Dan yang paling penting sebagai aparat negara, apa yang kita lakukan tercatat sebagai amal ibadah kita pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Rampungkan semua program, baik fisik, keuangan, maupun administrasi, serta evaluasi pelaporan yang tepat dan benar sesuai ketentuan yang ada. Semua pejabat wajib cek dan ricek kembali. Jangan ada yang diam dan teledor sekecil apapun. Tidak tepat lagi ada laporan Asal Bapak Senang (ABS). Sekali lagi cek. Kalau ada yang salah atau keliru, maka segera perbaiki. Ini perintah, dan segera laksanakan!

Menghadapi tahun 2017 dengan  berbagai prediksi kelesuhan ekonomi dunia dan nasional yang melemah dan tidak terlalu baik, yang bisa saja akan beresonansi dengan berbagai gejolak lain, baik politik dan aspek sosial lainnya, bagi kita di Sulsel harus tetap optimistis bisa mengatasinya. Dan harus punya cara mengatasinya. Kuncinya adalah optimisme dan solid/kompak bersama seluruh komponen masyarakat.

Oleh karena itu, secara umum  aparat pemerintah diminta fokus pada tugas pokok saja. Layanan publik jangan terhambat akibat berkurangnya pasokan anggaran. Atau karena akibat ekonomi dan lain-lain, yang bisa saja lesu.

Pemerintah daerah pada semua jenjang, lebih khusus para bupati/walikota sampai dengan lurah dan kepala desa, perlu lebih kreatif dalam upaya peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan, karena itu langsung menyentuh kebutuhan pokok rakyat pada lapisan bawah. Pengalokasian anggaran harus  dioptimalkan manfaatnya bagi masyarakat. Tata krama pelayanan juga perlu dijaga agar masyarakat merasa dihargai oleh pejabat pemerintah. Sekarang terjadi kegamangan akibat perilaku orang tertentu, yang setiap saat mendapat sorotan masyarakat Jakarta. Ini ada dampak psikologisnya seakan teresonansi ke daerah. Bagi kita di Sulsel, kita yakin itu tidak terjadi

Terhadap persepsi masyarakat  bahwa rasa kebhinekaan/pluralisasi daerah terganggu harus kita jawab dan pastikan Sulsel baik-baik saja. Kita perlu yakinkan mereka bahwa hal yang sama tidak akan terjadi di Sulsel. Kita harus tampil sebagai teladan tentang kepempinan pemerintahan yang baik dan hadirnya pemerintah yang tetap kompak menyatu dengan pelaku ekonomi dan masyarakat secara menyeluruh. Merasa sama-sama bertanggung jawab menghadirkan daerah yang damai, aman, tentram, teratur, dan terpenuhi kebutuhan dasarnya.

Tahun 2017, Insyaallah kita makin maju, makin mandiri, dan makin modern. (*)


Tag
  • syl way
  •  
    div>