SELASA , 23 OKTOBER 2018

Mengupas Racun Kalajengking yang Disebut Bernilai Miliaran oleh Jokowi

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 05 Mei 2018 12:17
Mengupas Racun Kalajengking yang Disebut Bernilai Miliaran oleh Jokowi

Kalajengking hitam dipercaya memiliki racun yang ganas. (pixabay)

RAKYATSULSEL.COM – inatang kalajengking belakangan menjadi populer setelah disebut dalam pidatonya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Betapa tidak, sang scorpion ini ternyata punya pesona dengan harga racun yang bernilai fantastis. Jokowi menyebut per liter racun bisa mencapai miliaran rupiah. Lalu seperti apa sih keunggulan kalajengking dan racunnya itu?

Dosen Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada (UGM) Drh Slamet Raharjo, MP menjelaskan bisa atau lebih tepatnya venom scorpion bersifat racun saraf dengan derajat kekuatan venom ringan sampai sedang.

Kemudian, dalam dosis tertentu dapat bersifat analgesika atau menghilangkan rasa sakit. Karena saraf yang terkena venom bisa menjadi lumpuh sementara. Namun, akan pulih setelah periode waktu tertentu.

 

“Di Indonesia banyak spesies kalajengking. Saya tidak tahu berapa jumlah pasti spesies atau jenisnya, mungkin di LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) ada data jumlah spesies atau jenis yang valid. Tetapi penyebarannya ada di seluruh pulau di Indonesia,” kata pria yang menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Pendidikan Rumah Sakit Hewan Prof Soeparwi FKH UGM itu kepada JawaPos.com, Sabtu (5/5).

Sedangkan di luar negeri, scorpion banyak terdapat di negara Taiwan, Hongkong, China, Amerika. Lalu benarkah racun kalajengking bermanfaat untuk kesehatan?

Anggota Toksinologi Indonesia, Slamet menjelaskan ada beberapa riset luar negeri yang melaporkan efek atau manfaat venom scorpion. Di antaranya juga bersifat menghambat pertumbuhan dan merusak sel tumor.

“Namun hasil ini masih skala laboratorium yang perlu riset lanjutan dan uji preklinis sebelum bisa diaplikasikan pada manusia,” kata Slamet.

Dalam sejumlah literatur manfaat racun kalajengking juga disebutkan dapat mengobati kanker, penyakit tulang, dan berbagai penyakit lainnya. Namun, hal itu belum teruji klinis.

Sebelumnya pernyataan Jokowi yang menyebut budidaya kalajengking menguntungkan membuat warganet tak tahan berceloteh. Sebab, jika ingin kaya cukup dengan budidaya racun kalajengking yang katanya bernilai miliaran rupiah per liter.

(ika/JPC)


div>