SELASA , 23 OKTOBER 2018

Menhub Sebut Bandara Sorowako Layak jadi Bandara Umum

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 20 Desember 2016 21:59
Menhub Sebut Bandara Sorowako Layak jadi Bandara Umum

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Sorowako sudah memenuhi syarat untuk dijadikan Bandara Umum.

Demikian dikatakannya saat transit di Bandara Sorowako setelah meninjau Bandara Maleo Umbele di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah , Selasa (20/12).

Kedatangan pak menteri ini disambut langsung oleh Bupati Lutim, Thorig Husler, Ketua DPRD Lutim, Amran Syam, dan Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter.

Menurut Budi Karya, inisiasi menjadikan bandara Sorowako dari bandara khusus menjadi Bandara Umum sudah tidak ada masalah. Dimana pihak PT. Vale sudah mau menerimanya.

“Ini bak gayung bersambut, sudah layak jadi Bandara Umum. Sisa faktor keamanan bandara saja yang harus ditingkatkan sedikit. Jadi secara regulasi memang memungkinkan ,” ujar Budi Karya

Jika dia menjadi Bandara Umum, maka jadwal penerbangan akan berubah, bisa dua sampai empat kali dalam seminggu.

“Jadi rencana ini sangat bagus sekali. Jika dilihat dari jarak ini harus segera di realisasikan secepatnyalah ATR 72 bisa mendarat di Bandara ini,” jelas Budi Karya

Untuk Sulawesi Selatan, secara umum ia mengakui Bandar Udara sudah memadai. Kalaupun ada yang kurang itu paling peningkatannya saja, seperti penambahan panjang landasan, pelebaran bandara.

Selain bandara, ia juga menyinggung soal pelabuhan laut yang ada di Waru- Waru Malili, yang sudah tiga tahun terlantar. Ia mengatakan pemerintah pusat akan memperhatikan pelabuhan tersebut agar bisa beroperasi dengan cepat.

“Sekarang sudah tidak bisa lagi membangun hanya melihat kepentingan proyek, ini harus jelas manfaatnya. Pemerintah Pusat akan membantu membuka koneksi termasuk membantu kapal Pelni yang bersubsidi,” terang Budi Karya

Hanya saja, ia berharap keberadaan pelabuhan baik pelabuhan udara maupun pelabuhan laut harus jelas aspek bisnisnya,sehingga bisa memacu pertumbuhan ekonomi di daerah. (Baim)


div>