KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Menjadikan Koperasi di Gowa Salah Satu Pilar Ekonomi Bangsa

Reporter:

Editor:

Arif Saeni

Kamis , 09 Agustus 2018 09:08
Menjadikan Koperasi di Gowa Salah Satu Pilar Ekonomi Bangsa

Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa, Ir M. Yusuf M.Si.

RAIHAN prestasi yang diperoleh pemerintah Kabupaten Gowa cukup luar biasa dalam bidang Perkoperasian. Di tengah banyak ‘tudingan miring’ tentang pengelolaan lembaga ini yang tidak semestinya, tidak membuat Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa berputus asa–bahkan, dia mampu menggeliatkan diri dan mampu memperoleh empat penghargaan sekaligus. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ir. M. Yusuf M.Si, banyak bertutur tentang apa yang dilakukan selama ini kepada wartawan Online RakyatSulsel.Com, Arif Saeni dan Muchtar Suma. Berikut petikannya.

 

Selamat atas penghargaan yang diperoleh pemerintah Kabupaten Gowa.
Oh ya, terima kasih, tentu kami bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan kepada kami, sehingga bisa menorehkan prestasi yang menurut kami kami cukup luap biasa, Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati dan Bapak Sekda, atas arahan dan bimbingannya, sehingga kesemuanya itu dapat terwujud dengan baik.

Bisa Anda jelaskan, sehingga dapat memperoleh penghargaan empat sekaligus?
Ini tentunya adalah sebuah proses pembinaan dan penilaian, serta bimbingan terhadap kemajuan Perkoperasian di Kabupaten Gowa, dengan mengkedepankan visi dan misi Pemda Gowa dan Dinas Koperasi dan UKM, bagaimana menjadikan anggota dan pengurus Koperasi menjadi berkualitas dan memiliki daya saing dengan tata kelola Perkoperasian dengan baik.

Terus dasar apa yang dipakai dalam penilaian?
Di situ ada aspek organisasi tata laksana, produktivitas, manfaat serta dampak dari koperasi yang bersangkutan terhadap anggota dan masyarakat sekitarnya.

Terus?
Setelah itu, di dalam seleksi terhadap lima koperasi, akhirnya terdapat dua koperasi yang terpilih.

Koperasi yang mana saja?
Satu; koperasi UPPKS Bunga Biraeng dengan nomor BH: B.05BH/III/Diskop/2005, Kedua; Koperasi Kartika Hasanuddin Malino dengan nomor BH: B.3156A/IV/BH.

Yang lainnya siapa saja?
Untuk tokoh Koperasi dinilai bagaimana perhatian dan dukungannya mengembangkan usaha Koperasi, dan setelah diseleksi terpilihlah tokoh yang kesehariannya sebagai Ketua Dekopinda selaku tokoh Koperasi dan Ketua KPRI Sipakatau sebagai Bhakti Koperasi.

Apa kendala yang dihadapi untuk memperoleh penghargaan tersebut?
Berbicara tentang kendala dan tantangan pasti ada. Tapi yang terpenting bagi Dinas Koperasi dn UKM Kabupaten Gowa, tentu saja tetap konsisten dalam menjalankan pembinaan Perkoperasian untuk lebih baik, karena kepentingan Koperasi dari anggota untuk sebuah kesejahteraan. Tentu saja tantangan yang ada karena penilaian olejh tingkat Provinsi diperhadapkan pada 24 kabupaten yang ada di Sulsel dan Alhamdulillah Gowa ada di dalamnnya.

Apa paramater sehingga memperoleh penghargaan tersebut?
Oleh Dinas Koperasi proses melakukan penilaian-penilaian pengamatan kelayakan lapangan, antara lain bahwa Koperasi berpretasi itu tentunya lancar usahanya baik organisasi/kelembagaannya, sehat permodalannya, aktif melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), memiliki jumlah pengurus dan pengawas sesuai dengan Anggaran Dasar (AD), tidak sedang dalam proses perkara yang melibatkan pengurus, pengawas, pengelola dan anggota Koperasi, memiliki NPWP dan keterangan klasifikasi lapangan usaha serta perisinan yang terkait, memiliki RK-RAPB yang disahkan oleh anggota, sedangkan tokoh Koperasi dianggap telah banyak bekerja aktif dalam pembinaan Koperasi, serta mendukung dan menggalang usaha Koperasi.

Tantangan yang paling besar menurut Anda untuk mendapatkan penghargaan itu?
Tentu ada tantangan di daerah kami, antara lain karena jumlah Koperasi yang cukup banyak yang harus dibina, terutama menyangkut peningkatan sumber daya manusia, pengurus harus semakin dioptimalkan, tentunya juga harus dibarengi terus menerus tak hentinya melakukan pembinaan agar Perkoperasian dapat sehat.

Apa saja jenis penghargaan itu?
Dua Koperasi Berprestasi berupa piagam penghargaan, satu tokoh Koperasi juga piagam penghargaan dan Bhakti Koperasi berupa piagam penghargaan.

Bagaimana perkembangan Koperasi di Gowa sesungguhnya?
Kalau kita melihat bahwa badan hukum Koperasi yang terbit setiap tahunnya terus bertambah, demikian pula peranan Koperasi dapat dirasakan kemanfaatannya, baik oleh anggota maupun lingkungan sekitarnya, seperti pembagian sisa hasil usaha bagi anggota yang setiap tahunnya meningkat.

Berapa jumlah Koperasi di Gowa?
Kalau jumlah koerasi yang berbadan hukum sebanyak 464 BH

Apa kendala yang mereka hadapi?
Pada umumnya kendala yang dihadapi oleh pengurus masih kurangnya modal usaha, karena minat anggota serta pemilik modal tidak tertarik untuk menanamkan modalnya di Koperasi, demikian juga dengan SDM pengelola yang masih pas-pasan sehingga masih membutuhkan pengetahuan-pengetahuan dan pendidikan Perkopersian.

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk mengatasinya?
Tentu saja bagaimana mengupayakan membangun jaringan kerjasama dengan Lembaga Pembiayaan seperti LPDB (lembaga penyalur dana bergulir) untuk menambah permodalan dan melaksanakan bimbingan teknis dan semacamnya, untuk mengelola Koperasi dengan harapan Koperasi menjadi kuat dan mandiri.

Advokasi apa yang dilakukan instansi Anda dalam mengembangkan koperasi di Gowa?
Di samping membenahi kelengkapan legalitas dan organisasi untuk dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk memperoleh akses permodalan, dalam struktur organisasi Dinas Koperasi dan UKM terdapat satu seksi yang khusus menangani masalah advokasi dan hukum koperasi, juga terdapat mitra kerja pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa.

Bagaimana harapan Anda ke depan sehingga Koperasi menjadi soko guru perekonomian kita?
Kelembagaan organisasi Koperasi dapat bangkit ke depan, lebih kuat dan mandiri serta anggota menyadari bahwa koperasi adalah milik sekaligus pengguna dari setiap anggota Koperasi. Dengan demikian, kita harapkan Koperasi di Gowa akan menjadi salah satu pilar ekonomi bangsa ini. (**)

 

Data diri

Nama                : Ir M. Yusuf M.Si
Tanggal Lahir: 18 Oktober 1960
Pekerjaan        : Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa


Tag
div>