SELASA , 12 DESEMBER 2017

Menlu Kecewa Penjelasan Kedubes AS Tolak Panglima TNI

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Senin , 23 Oktober 2017 17:02
Menlu Kecewa Penjelasan Kedubes AS Tolak Panglima TNI

menlu kecewa penjelasan kedubes as tolak panglima tni

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah melakukan pertemuan secara langsung dengan Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Erin Elizabeth McKee di kantornya.

Pertemuan tersebut digagas guna untuk menyelesaikan terkait pelarangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke AS pada Sabtu (21/10) lalu.

“Tadi pagi mulai pukul 07.45 WIB saya ketemu dengan Wakil Kedubes AS karena Dubes AS saat ini sedang di Kepulauan Banda. Buat kami masalah ini penting, dan oleh karena itu kita coba dengan tegas meminta kepada AS agar segera memberikan penjelasan,” kata Retno Marsudi Senin (23/10).

Menurut Retno, dalam pertemuan tersbeut McKee membenarkan jika agenda kunjungan Gatot ke wilayahnya atas undangan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F. Durford, Jr.

Bahkan, kata dia, undangan itu atas nama pemerintah Amerika Serikat. McKee juga menyampaikan rasa penyesalan dan meminta maaf atas insiden yang diterima oleh Gatot.

“Mereka berusaha untuk menyelesaikan situasi dan dari mereka saya dapat info bahwa situasinya sudah selesai. Sudah tidak ada lagi restriksi apapun kepada Jenderal Gatot untuk berkunjung ke Amerika Serikat,” jelasnya.

Meski demikian, Retno mengaku tidak puas dengan apa yang disampaikan oleh McKee. Dia ingin mendapat alasan penolakan masuk AS yang ditujukan kepada Gatot, padahal ia mendapat undangan resmi dari Jenderal Joseph F. Durford, Jr yang akan berlangsung di Kota Washington.


div>