SENIN , 19 FEBRUARI 2018

Menopang Pilar Kebangsaan dengan Tiang Budaya Lokal

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 08 Juni 2017 16:34
Menopang Pilar Kebangsaan dengan Tiang Budaya Lokal

Ajiep Padindang

RakyatSulsel.com – Dalam rangka mensosialisaiskan Pondasi dan Pilar Kebangsaan. maka Anggota MPR RI Dapil Sulsel Dr. Ajiep Padindang. melaksanaka.n Sosialisasi dengan pendekatan Pengembangan Budaya Lokal. yang diikuti oleh segment Guru guru dari 4 kecamatan di Kabupaten Bone dan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat dan Kelompok Majelis Takilm. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Baruga Mattiro Walie Batu Lappa. Kec. Patimpeng. Kab. Bone. (8/6/2017).

“Model efektif untuk tetap menguatkan Pilar Kebangsaan saat ini. salah satunya melalalui pendekatan budaya. khususnya kearifan budaya lokal yg masih hidup dan berkembang di temgah-tengah masyarakat. Maka salah satu langkah yang kami lakukan saat ini adalah melakukan Gerakan Pembelajaran Budaya Bugis Makassar di Sulawesi Selatan. yg secara efektif sdh berjalan pada kurung waktu satu tahun terakhir” Urai Ajiep Padindang saat menyajikan materinya dengan tema utama Urgensi Sosalisasi Pilar Kebangsaan dalam konteks kekinian.
Menurut Dr. Ajiep Padindang. penguatan kembali pancasila sebagai Pondasi Kebangsaan. dan UUD NKRI 1945.

NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Pilar Kebangsaan sudah sangat mendesak untuk digiatkan kembali. hal ini dapat tercermin dari fenomena kehidupan bermasyarakat dan berbangsa yg cenderung semakin mengarah pada perpecahan. baik lokal maupun skala nasional. dan bila kondisi ini dibiarkan berlarut larut dapat menjadi snow ball effect (efek gelindingan bola salju).

“Presiden RI telah membentuk UPK PIP dan mengukuhkan beberapa tokoh nasional untuk mengelolah lembaga ini agar dapat berjalan cepat dan terarah. maka menurut kami Pelaksanaan program lembaga tersebut. salah satunya harus masuk melalui pintu Budaya.
khusunya di Sulsel yang tipikal masyarakatnya masih memegang teguh nilai-nilai budaya lokal dalam aktifitas kehidupan bermasyarakat” ungkap Ajiep menutup penjelasannya.


Tag
div>