RABU , 12 DESEMBER 2018

MenPAN Kaget Ditanya soal Kenaikan Gaji PNS

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Senin , 05 Maret 2018 23:31
MenPAN Kaget Ditanya soal Kenaikan Gaji PNS

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM– Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnurternyata belum mengetahui usulan kenaikan gaji PNS pada 2019 mendatang.

Padahal, sebelumnya Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan saat ini Direktorat Kompensasi ASN tengah menyusun konsep usulan kenaikan gaji pokok PNS 2019.

Dua alasan disampaikan. Pertimbangan pertama bahwa sudah lebih dari dua tahun PNS tidak memperoleh kenaikan gaji pokok. Kedua, Rancangan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS juga belum diterapkan.

“BKN? Yang mengusulkan bukan BKN. Mestinya dari Menpan. BKN itu urusan teknis, bukan kebijakan,” ucap Asman yang terlihat kaget ditanya usulan kenaikan gaji pokok PNS sebagaimana diusulkan BKN, di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/3).

Menteri dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini pun memastikan bahwa kementeriannya belum pernah mengusulkan kenaikan gaji pokok PNS pada 2019 nanti.

Yang sekarang dilakukan KemenPAN-RB, lanjutnya, antara lain memfinalisasi model pensiun. Kemudian, menyusun Peraturan Pemerintah (PP) tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS yang sudah final penyusunannya.

Hanya saja Asman memastikan belum ada perubahan skema gaji PNS di PP tersebut. “Itu (PP Gaji) sudah final sih, tinggal diajukan ke Pak Presiden. Belum ada (perubahan skema),” pungkasnya. (fat/jpnn)


div>