RABU , 21 NOVEMBER 2018

MenpanRB Perpanjang Pendaftaran CPNS

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Kamis , 04 Oktober 2018 10:00
MenpanRB Perpanjang Pendaftaran CPNS

Ilustrasi (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pendaftaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 melalui situs web SSCN akan diperpanjang hingga 15 Oktober 2018.

Hal ini disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui laman Twitter resmi @BKNgoid, Rabu (3/10/2018).

Dalam unggahannya, BKN menjelaskan perpanjangan masa pendaftaran dilakukan otomatis di situs web SSCN. Sehingga instansi tidak perlu mengubah pengaturan yang ada di website.

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional IV Makassar, Sayadi memastikan jika perpanjangan masa proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 benar adanya.

Ia mengatakan pendaftaran yang dibuka secara onliner pada 26 September lalu melalui website http://sscn.go.id itu akan dibuka hingga 15 Oktober 2018. Lebih lima hari dari jadwal awal yang dibeberkan MenpanRB yakni 10 Oktober.

Sayadi mengaku alasan waktu pendaftaran diperpanjangan ini karena pertimbangan ada revisi formasi terkait penempatan guru.
Dia mengemukakan, ada ditemukan penempatan guru di sekolah swasta. Ini yang mau dipindahkan ke negeri. “Jadi ada revisi formasi terkait penempatan guru,” ungkap Sayadi.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan, hingga saat ini jumlah pendaftar yang mengajukan berkas di Pemprov Sulsel hingga kemarin sore sebanyak 525 orang. Angka itu terbilang cukup sedikit.

Menurut Ashari, hal itu disebabkan karena sulitnya mengakses website yang disiapkan untuk pendaftaran CPNS. Selain itu, juga disebabkan karena pendaftaran dilakukan serentak hampir di seluruh instansi yang ada di Indonesia.

“Jadi terbagi pendaftaran hampir di seluruh instansi maupun pemerintah daerah terbuka serentak,” ungkapnya.

Khusus lingkup Pemprov Sulsel, pusat memberikan kuota sebanyak 401 formasi, dibagi dalam dua kategori. Yakni formasi khusus masing-masing lulusan cumlaude sebanyak 12 formasi, disabilitas empat formasi, dan eks tenaga honorer K2 1 formasi.
Sementara untuk formasi umum, tenaga guru sebanyak 184 formasi, kesehatan 124 dan tenaga teknis 76 formasi.

Berbeda dengan pendaftaran CPNS sebelumnya, pemerintah tahun ini membuka formasi untuk lulusan terbaik dengan pujian (cumlaude) jenjang S1. Calon pelamar harus berasal dari lulusab perguruan tinggi negeri yang terakreditasi A. (*)


div>