SENIN , 10 DESEMBER 2018

Mensos Lepas Peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan

Reporter:

Sugihartono

Editor:

Iskanto

Senin , 29 Oktober 2018 20:55
Mensos Lepas Peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan

Mentri Sosial, Agus Gumiwan Sastra Karmita saat melepas peserta Jelajah Kapal kepahlawanan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 400 orang mengikuti ekspedisi berlayar Jelajah Kapal Kepahlawanan dengan menggunakan KRI Makassar. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementrian Sosial dalam rangka memperingati Hari Sumpah pemuda.

Kegiatan yang dilepas langsung oleh Mentri Sosial, RI, Agus Gumiwan Kartasasmita ini akan berlangsung selama tiga hari. Dalam sambutanya Agus berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat pemuda dalam menggali kreatifitasnya untuk melahirkan ide – ide yang membawa Indonesia semakin maju

”Seperti diketahui dalam data Statistik yang berumur 15 – 40 tahun, merupakan kekuatan yang sangat besar, dalam survei 2018, ada 105 juta generasi muda yang ada di Indonesia, Saya berharap kekuatan tersebut tak hanya diangka tetapi di transformasikan kekuatan tersebet kedalam dua kompetensi, yakni kompetensi Kreatifitas dan persatuan,” ujar Agus di pelabuhan Peti Kemas, Senin (29/10).

Agus menambahkan kompetensi kreatif jika dikelola secara baik akan melahirkan ide – ide yang unik, keren dan berpikir diluar kotak. Ia menyarankan agar anak muda tak takut untuk melakukan keselahan.

”Jangan takut berpikir diluar kebiasaan, out of the box, jangan takut untuk melakukan kesalahan, namun kesalahan yang dimaksud bukan mencoba narkoba atau menyebar hoax, karena kreativitas yang positif bisa membawa pemuda untuk menjadi agen perubahan,” terangnya.

Adapun target kegiatan ini menurut Agus untuk meningkatkan pengatahuan berbangsa dan bernegara agar mewujudkan cinta NKRI dan Pancasila.

”Target kegiatannya iut meningkatkan semangat rasa memiliki dan mencintai NKRI, dan memahami bahwa negara kita adalah negara maritim,” tuturnya.

Mengapa memilih Makassar dan kabupaten Pangkep ? Agus mengatakan jika Makassar mempunyai sejarah tentang kemaritiman

”Khususnya daerah bugis, mereka adalah orang – orang yang berhasil menaklukan Samudra,” jelasnya Agus.

Selain itu mencintai dan meningkatkan wawasan kebangsaan, Agus juga menambahkan semoga para peserta bisa hidup disiplin saling menghargai.

Sedangkan menurut Ketua Panitia, Agus Halim selama berlayar, para peserta kegiatan ini akan di isi dengan beberapa materi. Mulai dari wawasan kebangsaan, sejarah hinggah dinamika kelompok.

” nanti mereka akan menerima materi tentang kepahlawanan, diskusi tanya jawab, dan beda filem,” kata dia.

Selain menerima materi para peserta akan melakukan kerja bakti di Pangkep yakni membantu masyarakat dalam membangun infrastrukturnya.

”Nanti mereka akan membantu masyarakat pangkep mengecet, membangun MCK dan lain sebagainya,” terangnya.

Diketahui dalam jelajah kapal pahlawan ini kemensos juga akan memberikan bantuan kepada masyarakat pangkep yakni berupa tangki, peralatan seni musik dan MCK. (*).


Tag
div>