RABU , 19 DESEMBER 2018

Mentan Minta Bulog Beli 100 Ribu Ton Gabah di Bulukumba

Reporter:

hur

Editor:

Selasa , 05 April 2016 19:00
Mentan Minta Bulog Beli 100 Ribu Ton Gabah di Bulukumba

int

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, meminta Bulog membeli gabah petani di Bulukumba sebanyak 100 ribu ton.

“Harganya kita angkat, dari Rp 3600 per kilogram menjadi Rp 3700 per kilogram,” kata Mentan Amran Sulaiman, di Bulukumba, Selasa (5/4).

Tidak hanya itu, Mentan Amran Sulaiman juga menjanjikan sejumlah bantuan untuk para petani di Bulukumba. Mentan memastikan akan memberikan bantuan 50 unit pompa air yang akan mengairi 400 hektar sawah di daerah aliran sungai (DAS) Balantieng.

50 unit pompa yang dijanjikan Mentan akan tiba di Bulukumba paling lama satu bulan. “Kalau bantuan pompa air berhasil, akan kami tambah. Kalau tidak berhasil, kepala dinas PSDA dan Pertanian, dicopot,” terang Mentan Amran Sulaiman.

Mentan Amran Sulaiman, tiba di lokasi panen raya di dusun Bocco-Boccoe, desa Paenrelompoe, kecamatan Gantarang, Bulukumba, pukul 15.00 Wita. Mentan didampihgi Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, anggota DPR-RI Akmal Pasluddin (PKS), serta petinggi Bulog.

Mentan Amran Sulaiman datang ke Bulukumba dalam rangkaian kegiatan program Sergap (Serap Gabah Petani) di Sulawesi Selatan. Bupati Bulukumba menyambut baik kedatangan Mentan Amran Sulaiman di Bulukumba.

“Pengembangan sektor tanaman pangan merupakan salah satu strategi kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Namun demikian, permasalahan yang dihadapi dalam peningkatan produksi tanaman pangan saat ini masih dirasakan,” kata Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali.

Beberapa permasalahan yang dihadapi, kata Bupati antara lain berkurangnya lahan pertanian, terbatasnya ketersediaan infrastruktur khususnya bendungan dan irigasi, perlunya tata kelola distribusi benih, pupuk dan pemasaran hasil, terbatasnya akses petani terhadap permodalan, lemahnya kapasitas kelembagaan petani dan penyuluh serta anomaly cuaca.

Kedatangan Mentan Amran Sulaiman di Bulukumba membawa berkah bagi para petani. Puluhan kelompok tani menerima bantuan traktor roda dua, pompa air serta sarana pertanian lainnya.


Tag
  • panen padi
  •  
    div>