SENIN , 22 OKTOBER 2018

Menteri Desa Dorong Produktivitas Perempuan Pesisir

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 25 April 2016 12:24
Menteri Desa Dorong Produktivitas Perempuan Pesisir

Menteri Desa Marwan Jafar (Int)

PANGKEP, RakyatSulsel.com  – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, memastikan jika  Sekolah Perempuan yang dikelola oleh Yayasan Kajian Pemberdayaan Masyarakat (YKPM) dan Institut Kapal Perempuan di Pulau Kulambing, Pangkep akan berkembang dalam mendukung peningkatan kreativitas masyarakat pesisir.

Menurut Menteri Marwan, sekolah serupa sudah berjalan di sepuluh pulau sejak tahun 2012. “Sekolah Perempuan harus diadakan di seluruh pulau yang ada di Pangkep. Sekolah ini akan berkembang, saya pastikan. Sebab, mereka juga sudah diberi keterampilan khusus oleh institut kapal perempuan,” kata Marwan saat meresmikan Sekolah Perempuan yang dikelola di Pulau Kulambing, Pangkep, Sabtu (23/4).

Marwan berharap, pembangunan sekolah yang dikhususkan bagi ibu nelayan ini bisa meningkat kreativitas masyarakat pesisir. Sehingga mereka bisa mendapat tambahan penghasilan diluar pekerjaan utama suami sebagai nelayan.

Menteri Marwan juga meminta agar perempuan tidak hanya berani tampil dan bersuara. Namun, harus berbuat untuk hal yang bersifat produktif. Untuk itu, ia juga meminta agar guru sekolah dan pemerintah setempat membantu peserta sekolah untuk mendorong kreatifitas masyarakat setempat.

“Kita dorong terus agar perempuan di desa-desa itu produktif dan proaktif dalam pembangunan desa. Unsur perempuan harus terlibat dalam musyawarah desa, membuat program produktif seperti UMKM, Usaha Bersama Komunitas dan sebagainya. Sebab sudah jelas, perempuan merupakan salah satu unsur penting dalam program Desa Membangun Indonesia,” jelasnya.

Sementara Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang yang mendampingi kujungan kerja Menteri Marwan mengatakan, jumlah daerah tertinggal di Sulawesi Selatan terus berkurang dalam masa pemerintahannya. Salah satu yang dilaksanakan pihaknya adalah pengembangan ekonomi kerakyatan.

Agus meminta kepada Menteri Marwan agar dapat juga mengunjungi wilayah pulau-pulau terjauh di Pangkep. Sehingga, kata dia, diperlukan adanya pembangunan bandara di sejumlah pulau. (ril/D)


div>