SENIN , 16 JULI 2018

Menteri Gandeng Perguruan Tinggi dan Media Demi Lahirkan Mahasiswa Pengusaha

Reporter:

Editor:

Nunu

Selasa , 06 Maret 2018 14:00

RAKYATSULSEL.COM – Dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan khususnya dikalangan mahasiswa, pemerintah menyelenggarakan program Kewirausahaan Nasional yang bertajuk “Gerakan Mahasiswa Pengusaha” di Wantilan Gedung Pers,  Bali, Selasa (6/3).

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Menteri Koperasi dan UKM RI, AAGN Puspayoga, bersama dengan 59 Perguruan Tinggi di 9 Provinsi di Indonesia serta Kelompok Media Bali Post.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan ada dua hal yang harus menjadi penekanan program saat ia menerima amanah sebagai menteri oleh Bapak Presiden RI untuk dikerjakan secara serius yakni urusan koperasi dan kewirausahaan, karena kedua hal tersebut nyaris tidak ada peningkatan. Karena itu, Bapak Presiden mengharapkan agar ada peningkatkan minimal 5 persen ,” Ujarnya dalam sambutannya.

IST

Sementara itu, Rektor UMI, Prof.Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA mengatakan program pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa ini sangat strategis dengan melibatkan mahasiswa sebagai generasi milineal untuk menjadi pengusaha. Hal ini merespon masih adanya sebagian mahasiswa setelah selesai menjadi sarjana,hanya menggantungkan harapan sebagai pegawai negeri, padahal kewirausahaan juga memiliki prospek yang besar dan potensial digeluti, dengan ide kecil yang kreatif bisa menjadi usaha besar dan ikut membantu pemerintah dalam mengatasi layanan kerja.

“Pada diri mahasiswa ada kekuatan positif untuk berhasil di dunia usaha, selain semangat yang besar, kreativitas dan inovatif yang tinggi. Selain itu, era disruption saat ini banyak peluang usaha yang dapat digali oleh mahasiswa, baik di kampus maupun di komunitasnya. Karena itu dengan hadirnya program ini akan memacu kreatifitas dan inovatif mahasiswa dalam pengembangan ide cerdasnya untuk pengembangan karirnya, terlebih mahasiswa yang sudah mempersiapkan diri setelah meraih gelar sarjana menjadi enterpreneur sukses terlebih di era digital ini, kreativitas mahasiswa untuk memanfaatkan IT untuk pengembangan usaha,”Ujar Prof.Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA yang juga Ketua Umum BKS PTIS se Indonesia ini.

Untuk Sulawesi Selatan ada 4 Perguruan Tinggi yang ditunjuk yaitu Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar, STIE Nobel Makassar dan STIE Amkop.


div>