SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Menteri PU Kunjungi Bendungan Baliase

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 28 Februari 2016 18:44
Menteri PU Kunjungi Bendungan Baliase

int

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) didampingi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meninjau lokasi pembangunan Bendungan Baliase. Kunjungan itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana progres pekerjaan mega proyek tersebut. Di mana Bendung Baliase ini baru mulai dikerjakan diakhir tahun 2015 lalu.

PPK Irirgasi IV Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Zul Arifin, mengatakan bahwa pekerjaan bendung baliase ini kontraknya dimulai pada desember 2015 lalu dan berakhir pada tahun 2018. Untuk saat ini pembangunan bendung baliase yang baru berjalan sekitar 3 bulan itu telah mencapai 3,30 persen fisik, dan keuangan baru mencapai 2,56.

“Jadi sekarang pekerjaannya sedang berlangsung seperti yang kita liat sekarang ini. Untuk saat ini pekerjaannya yaitu memindahkan aliran sungai dulu, baru kemudian bangunan konstruksi bendungnya. Lokasi untuk pekerjaan bendungnya yang telah dibebaskan seluas 9,98 Hektar. Kemudian untuk jaringan tersiernya akan menyusul untuk dibebaskan, kemungkinan tahun depan.” ujar Zul Arifin, Sabtu (27/2) kemarin.

Kasubdit Perencanaan Teknis Kementerian PU, Andi Sudirman mengungkapkan bahwa Pembangunan bendung ini merupakan bagian dari program pemerintahan Jokowi JK yakni program satu juta hektar.

“Program ini merupakan program 1 juta hektar, untuk balise sendiri sekitar 21 hektar. Termasuk nantinya untuk sungai rongkong. Kita tidak akan menunggu hingga pekerjaan dibaliase selesai, Akan tetapi ada kemungkinan untuk rongkong akan dimulai perencanaannya tahun depan,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya program 1 juta hektar, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Luwu Utara nantinya akan menikmati pengairan ini. Karena pembangunan bendung ini disipkan bukan hanya untuk sawah saja akan tetapi juga untuk tanaman palawija lainnya.

“Setelah bangunan bendungnya selesai akan dilanjutkan untuk bangunan tersiernya yaitu irigasi yang akan langsung mengairi sawah masyarakat. Jadi kita sangat bersyukur karena pembangunan bendung ini dapat terlaksana di Luwu Utara,” ucap Andi Sudirman.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyampaikan bahwa pemerintah Luwu Utara akan terus memberi support agar pembangunan bendung ini dapat terlaksana dengan baik. “Kita teah berkomitmen bahwa pemerintah akan mengawal terus pembangunan bendung ini. Semoga tahun depan sungai rongkong juga sudah bisa dikerjakan. Sejauh ini belum ada masalah, semoga hingga diselesaikannya pembangunan bendung ini tidak kendala akan tetapi berjalan dengan lancar,” ungkap Indah.

Untuk diketahui bahwa kunjungan ke lokasi pembangunan bendung baliase juga hadir, Kasubdit Irigasi Wilayah Timur Kementerian PU, Muradi. Kepala Seksi irigasi M Tahir, Kasubdit Perencanaan Abd Muis serta Kasubdit Perencanaan teknis Andi Sudirman. Usai mengunjungi lokasi pembangunan bendung dilanjutkan meninjau lokasi rencana pembangunan jaringan irigasi yang berlokasi di Cendana Putih Kecamatan Mappedeceng.


div>