MINGGU , 20 JANUARI 2019

Menuju Tiga Besar Sekkot Makassar, Hasil Seleksi Diumumkan Hari Ini

Reporter:

Iskanto

Editor:

Jumat , 21 Desember 2018 13:30
Menuju Tiga Besar Sekkot Makassar, Hasil Seleksi Diumumkan Hari Ini

Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rangkaian seleksi lelang terbuka jabatan tinggi pratama Sekertaris Kota (Sekkot) berakhir, Kamis (20/12). Jika tidak ada aral melintang, hasil seleksi semua tahapan akan diumumkan hari ini, Jumat (21/12).

Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel), Teguh Widjinarko mengatakan, tahapan hasil seleksi lelang terbuka pejabat Sekkot Makassar akan di lakukan rapat pleno untuk menghasilkan tiga besar terbaik yang selanjutnya diserahkan ke Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto.

“Besok (hari ini,red) kita rapat pleno baru kita serahkan ke wali kota untuk tiga besarnya dan menentukan Sekkot definitif,” ucap Teguh, Kamis (20/12).

Teguh menjelaskan, ada beberapa tahpan yang harus diikuti semua enam pejabat eselon II yang lulus seleksi berkas. Selanjutnya mengikuti seleksi tahap pertama yakni Assesment selama dua hari dan diuji oleh tim assesor asal Universitas Negeri Makassar (UNM).

Setelah itu, enam calon Sekkot Makassar itu mengikut tes berupa menuangkan ide gagasan dalam bentuk tulisan dengan waktu yan diberikan selama tiga jam.

“Saya kira proses terakhir tadi sangat baik keenam calon itu. Bagaimana mereka memaparkan ide gagasannya semuanya dengan sangat baik dan kemudian kita tanya setelah menjadi sekda mereka mau berbuat apa,” jelasnya.

Menurut Teguh, penilaian telah dilakukan sejak mereka memasukkan berkas persyaratan administrasi calon Sekkot Makassar. Berangkat dari hal itu, tim menilai keenam peserta memiliki kemampuan menduduki jabatan Sekkot.

Hanya saja, pansel memilih yang terbaik dimana semua tahapan memiliki nilai. Diantara semua tahapan, Assesment yang memiliki bobot point tertinggi. Pasalnya, tahapan tersebut sebagai ukuran kompetensi yang bisa dilihat dari seseorang.

“Pointnya itu sekitar 30 sampai 40 persen tapi kita ambil 40 persen dan itu aturannya. Memang keahlian assesor untuk melihat seseorang kita andalkan. Hasil Assesment ini kita anggap sebagai prediksi bagaimana memimpin kedepan,” cetusnya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto kembali menegaskan dirinya mendukung semua peserta bersaing memperebutkan orang nomor satu di lingkup Aperatur Sipil Negara (ASN) ini. “Pokoknya, semua saya dukung (jadi sekkot). Tidak ada putra mahkota dan permaisuri,” ucapnya.

Kata Danny, untuk tahap selanjutnya masih ada seleksi. Meski begitu, dirinya sudah memberikan bocoran terkait hal yang akan di ujikan dalam tahapan seleksi. Ada tiga hal yang akan jadi pertimbangan, integritas, kinerja dan loyalitas.

“Integritas bagaimana dia bisa kerja tim, kinerja bagaimana dia membuktikan, dan loyalitas sama pimpinan, apa yang disuruh itu yang dikerjakan bukan sebaliknya,” cetusnya.

Diketahui, Enam calon Sekkot Makassar tersebut, yakni Kepala Dinas Pendidikan Abd Rahman Bando, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Muh Ansar, Staff Ahli Andi Bukti Djufri, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Andi Muh Yasir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rusmayani Madjid, dan Mukhtar Tahir (non Job). (arm)


div>