RABU , 19 DESEMBER 2018

Menunggu Mitsubishi Triton Terbaru Setelah 4 Dekade

Reporter:

Iskanto

Editor:

Selasa , 18 September 2018 13:01
Menunggu Mitsubishi Triton Terbaru Setelah 4 Dekade

Teaser Mitsubishi Triton generasi baru. foto mmksijpnncom

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Memasuki perjalanannya selama 40 tahun, Mitsubishi Motors telah menyiapkan pengembangan lebih lanjut terkait generasi baru pikap, Triton.

Triton terbaru diharapkan bisa menandai evolusinya yang panjang selama 4empat dekade. Kendaraan jenis pikap Mitsubishi ini memulai kelahirannya dengan nama Forte atau L200 di beberapa negara.

Pikap Mitsubishi hadir sebagai kendaraan yang ditujukan untuk mengakomodir perjalanan luar biasa dalam hal daya angkut, pengendalian, utilitas dan kenyamanan layaknya sebuah sedan.

Tidak salah jika pengembangan Mitsubishi Triton pada 1980 difokuskan pada keandalan sistem penggerak, sehingga ini pertama kali ia menjadi kendaraan 4×4.

Selain itu, Forte memang dikembangkan sebagai kendaraan yang fun-to-drive. Kemudian popularitas pikap ini semakin besar dan diandalkan di berbagai negara dengan perbedaan suhu.

Dari pengakuan performa Triton, membuat Mitsubsihi melebarkan platform L200 ke kendaraan penumpang seperti Pajero/Montero dan Delica.

Mitsubishi memproduksi Triton generasi pertama di pabrik Laem Chabang, Thailand. Dengan kapasitas produksi hingga 400 ribu kendaraan, Triton diekspor ke seluruh dunia.

Pada 1986, Triton generasi kedua mulai diperkenalkan dengan tiga variasi bodi yakni single cab, club cab dan double cab. Pilihan mesinnya juga beragam meliputi 2.0-liter, bensin 2.6-liter dan diesel 2.5-liter dengan penggerak 2WD atau 4WD.

Triton generasi ketiga hadir dengan tambahan varian Strada pada 1995. Strada sendiri telah diperkenalkan terlebih dahulu untuk pasar Jepang pada 1991. Generasi ketiga ini dilengkapi dengan mekanisme 4WD yang lebih mudah digunakan.

Masuk ke generasi keempat, Mitsubishi Triton diperkenalkan pada Agustus 2005. Pengembangannya kali ini terdapat pada sektor mesin. Mesin diesel yang ditawarkan kini telah dilengkapi dengan teknologi common-rail.

Setelah sembilan tahun menjelajah dunia, Mitsubishi Triton hadir kembali pada November 2014 dengan sejumlah penyempurnaan. Generasi kelima dari Triton tersebut menggunakan pilihan mesin 2.4-liter MIVEC Turbo. Sementara sistem transmisi 4WD mengadopsi electronic actuator.

Kini, Mitsubishi Triton akan memasuki babak baru. Pengalamannya selama 4 dekade akan disatukan dalam semangat kemodernan. Yang jelas, kekuatannya sebagai kendaraan tangguh akan menyatu dengan kenyamanan berkendara layaknya mobil penumpang nan mewah. (jpnn)


div>