SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Menyanyat Hati, Taufan Pawe Lemas Tak Berdaya di Hadapan Jenazah Sang Ayah

Reporter:

Rahmaniar

Editor:

Lukman

Rabu , 05 September 2018 16:06
Menyanyat Hati, Taufan Pawe Lemas Tak Berdaya di Hadapan Jenazah Sang Ayah

int

– Mandikan Hingga Mengkafani, Cium Ayah Berulang Kali

PAREPARE, RAKSUL.COM- Tegar, dan tegas. Demikian segelintir karakter yang diketahui dalam sosok diri Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe. Namun siapa sangka, sosok Taufan Pawe yang terlihat tegar dan kuat, pun lemah seperti orang-orang pada umumnya.

Saat melihat sang ayah tercinta terbaring kaku di hadapannya, Taufan Pawe tak dapat menahan isak tangis. Matanya bengkak, hidungnya memerah lantaran air mata yang tak dapat dia sembunyikan.

Terlihat orang nomor satu di Parepare ini berulang kali menciumi pipi dan dahi ayahnya, Almarhum H Pawe Basri yang menghembuskan nafas terakhir saat azan berkumandang.

H Basri Pawe meninggal dunia di usia 78 tahun akibat penyakit yang diderita, Multiple Organ Failure. Penyakit ini merupakan penyakit umum yang kerap menyerang lansia (lanjut usia). Pria kelahiran Pinrang 17 Juli 1940 ini meninggal dunia di ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare Rabu, (5/9/2018).

Di saat hendak dimandikan, Taufan Pawe kembali mencium Ayahnya. Didampingi Istri Hj Erna Rasyid Taufan yang ikut larut dalam duka, anak Amartiwi Taufan, dan sejumlah saudara dan kerabat Taufan Pawe.

Seperti anak-anak yang lain, Walikota Parepare ini ikut mengangkat ayahnya ke tempat pemandian. Bahkan dia tak ketinggalan memandikan, hingga mengkafani ayahnya itu.

Sekali lagi Taufan Pawe terisak. Lagi-lagi dia tidak bisa menahan tangis saat ayahnya telah dibungkus kain kafan. Berulangkali pipi, kening dan dahi sang ayah dicium. Melihat suaminya terlihat lemah, tak berdaya, Erna Rasyid Taufan bersama putri bungsunya Amartiwi Taufan mengelus punggung sang ayah. Seperti suaminya, mata Erna Rasyid Taufan dan anaknya juga memerah, bengkak lantaran dirundung duka, hingga akhirnya mereka harus melepas almarhum untuk dishalatkan di mesjid Rahmatan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat.

Bersama keluarga besarnya, Taufan Pawe mengantar sang ayah hingga ke tempat peristirahatan terakhir yang dimakamkan di pekuburan keluarga di Pandang-pandang, Kabupaten Gowa. Pekuburan ini telah disiapkan Almarhum jauh-jauh sebelumnya.

Sejumlah kerabat, ormas, dan pejabat dari berbagai kalangan ikut mengantar. Saat disemayamkan di kediaman Taufan Pawe, Villa belakang SMAN 2, terlihat Wakil Walikota Parepare terpilih H Pangerang Rahim ikut melayat, Ketua DPRD H Kaharuddin Kadir dan sejumlah Anggota DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri Parepare, Kepala Polres, Komandan Kodim 1405, Komandan Datasemen Polisi Militer dan jajarannya, serta mantan Walikota Parepare, Rahmat Sjamsu Alam. (*)


div>