SABTU , 15 DESEMBER 2018

Miliki Nilai Hingga Puluhan Juta, Begini Cara Mengenali Mutiara Laut

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 09 Juli 2018 09:10
Miliki Nilai Hingga Puluhan Juta, Begini Cara Mengenali Mutiara Laut

Mutiara (Istimewa)

RAKYATSULSEL.COM – Mutiara laut merupakan salah satu batu permata terbaik yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya sekedar perhiasan, mutiara juga memiliki nilai investasi bisnis yang menjanjikan hingga puluhan juta. Seiring banyaknya permintaan, tak ayal mutiara pun sering beredar dalam bentuk tiruan atau palsu.

Ditemui usai menghadiri acara di Grand Indonesia, Jakarta Kamis (5/7) Nunik Anurningsih, pengawas yayasan mutiara laut Indonesia mengatakan masyarakat perlu diberikan edukasi untuk mengenali kualitas mutiara asli. Menurutnya, saat ini mutiara air laut masih menjadi yang terbaik dibanding dengan jenis air tawar. Sebab mutiara laut satu-satunya permata yang dihasilkan oleh organ hidup.

“Indonesia menjadi negara terbaik penghasil mutiara laut. Dimana mutiara asli dihasilkan dari kerang laut, dan itu yang membuat mahal. Biasanya yang asli bergantung dengan jenis ukuran kerang, bahkan size-nya bisa mencapai 2 cm,” ucapnya kepada JawaPos.com.

Pameran mutiara laut Indonesia di Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia Mall Jakarta. (Muhammad Hafidh/JawaPos.com)

Untuk mengenali mutiara asli lebih lanjut, cara termudah menurut Nunik adalah dengan latihan meraba bentuk mutiara. Salah satunya dengan memipis perlahan mutiara tersebut di antara gigi atas dan gigi bawah. Apabila permukaan cenderung berpasir, menandakan keaslian. Sedangkan permukaan yang licin umumnya buatan atau palsu.

Untuk mengidentifikasi mutiara laut asli secara lebih akurat, ia menyarankan untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium. Pada umumnya, jika ingin melihat dari size-nya, mutiara lalut memiliki ukuran 10 hingga 16 mm. Namun terkadang ditemukan pula mutiara dengan diameter 19 mm.

Membedakan mutiara asli dengan buatan juga bisa dilihat dari warna. Saat ini, mutiara budidaya Indonesia memiliki dua kelompok warna, yakni ‘Gold’ dan ‘White’. Untuk warna gold umumnya memiliki gradasi kuning, champagne, gold dan imperial gold. Sedangkan white bervariasi antara putih, krem, pink, kebiruan, dan silver.

Faktor lain yang membuat mutiara asli menjadi sangat eksklusif dan mahal adalah lustre, nacre, dan size. Lustre merupakan sinar yang dipantulkan mutiara. Mutiara dengan kemilau tinggi mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kilau yang redup.

Sedangkan tingkat kilau tergantung pada ketebalan, kahalusan dan daya tembus cahaya dari nacre. Nacre adalah lapisan yang menutupi ‘nucleii’, biasanya terdiri dari kalsium dan aragonit semacam kristal kalsium karbonat. Ketebalan rata-rata nacre antara 1,5 hingga 3 mm.

“Trend selalu berubah-ubah tergantung selera sesaat dari masyarakat. Untuk saat ini trend mutiara gold banyak diminati. Semakin tua gold nya semakin banyak dicari,” tuturnya.

Mutiara laut asli memiliki harga yang relatif tinggi. Biasanya dijual dari harga Rp 1,5 hingga Rp 50 juta untuk satu batu mutiara. Pengerjaan handmade juga mempengaruhi harga selain kualitas dan ukuran. Tak hanya di dalam negeri, para pengusaha sering melakukan ekspor mutiara ke mancanegara. Sejauh ini negara Jepang masih menjadi potensial market.

(fid/JPC)


Tag
  • Mutiara
  •  
    div>