RABU , 21 NOVEMBER 2018

Miris, Hanya 6 Parpol Ikuti Deklarasi Pemilu Damai

Reporter:

Ibrahim

Editor:

Iskanto

Jumat , 19 Oktober 2018 12:15
Miris, Hanya 6 Parpol Ikuti Deklarasi Pemilu Damai

int

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Upacara Deklarasi Pemilu Damai 2019 yang berlangsung di halaman Polres Lutim, Jumat ( 19/10) hanya di ikuti enam Partai Politik (Parpol) saja. Padahal acara ini penting sebagai komitmen agar pemilu bisa terlaksana dengan aman dan damai.

Partai Politik yang hadir dan bersedia menandatangani pemilu damai antara lain, Golkar, Nasdem, PKS, PPP, Demokrat dan PKB. Partai lainnya tidak hadir tanpa alasan yang jelas meski sudah di undang .

Deklarasi Pemilu Damai ini di hadiri Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, Pengurus Parpol, Bawaslu dan KPU Lutim.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Luwu Timur AKP Leonardo Panji Wahyudi yang memimpin jalannya upacara mengatakan, keamanan pemilu 2019 menjadi perhatian serius Polri.

Olehnya itu, dalam pengamanan nanti pihaknya meminta back up secara full dari TNI Kodim Sawerigading.

” Ini saya sudah berkoordinasi dengan Pak Dandim semoga Personil TNI nantinya memback up full pengamanan Pemilu, semoga juga Panglima bisa mengizinkan karena untuk Pembiayaannya ditanggung Anggaran Polri,” ujar Leonardo.

Selain itu, Polres Luwu Timur juga membutuhkan 1000 Personil Linmas. Karena kalau hanya 700 sampai 800 personil ini dianggap belum maksimal. Linmas ini akan membantu personil menjaga keamanan di TPS.

Ia juga meminta peserta pemilu dalam hal ini partai politik, tetap menjaga keamanan di masyarakat. Sehingga pemilu bisa berjalan aman dan sejuk.

Untuk Penyelenggara Pemilu di minta tetap netral utamanya daftar Pemilih, kiranya ini bisa di data seakurat.mungkin. sehingga tidak menjadi persoalan.

Kapolres juga menekankan bagi Personil TNI dan Polri wajib untuk menjaga netralitasnya dalam Pemilu nanti.

Deklarasi Pemilu Damai ini ditandai dengan penanda tanganan pemilu damai oleh Parpol, Bawaslu, KPU dan aparat Keamanan. (*)


div>