KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Miris, Sulsel Peringkat Sembilan Pengguna Narkoba

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 29 April 2016 11:54

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala bagian Hubungan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Kombespol Slamet Pribadi, menyebut bahwa Sulawesi Selatan masuk dalam sepuluh besar dalam penyalagunaan Narkotika. Peringkat itu berdasarkan hasil penelitian BNN dan Puslitkes Universitas Indonesia pada tahun 2015, yang menyebutkan jika jumlah pengguna mencapai 138.937 orang dari jumlah penduduk 6,1 juta orang atau sekitar 2,27 persen.

Hal ini, membuat Lembaga Pemerhati Korban Narkotika (LPKN) Sulsel sangat prihatin. Sekretaris LPKN Sulsel, Anri Hidayat mengatakan, posisi Sulsel di peringkat sembilan pengguna narkoba di Indonesia, adalah hal yang sangat memprihatinkan. “Ini termasuk besar. Dibutuhkan keikutsertaan masyarakat untuk turun serta bersama-sama menanganinya,” katanya.

Dirinya juga meminta kepada seluruh instansi yang terkait, terutama penegak hukum, agar tidak hanya kepada pengguna dilakukan pengawasan. Namun yang paling utama para pengedar.

“Baiknya petugas melakukan pengawaan rutin dan selalu melakukan sweeping di tempat-tempat hiburan malam,” ujarnya.

Anri Hidayat mengaharapkan, Sulsel bisa menurunkan angka pengguna narkotika. “Harapan kami, Sulsel keluar dari sepuluh besar peringkat penyalagunaan narkotika,” tuntasnya.


div>