SENIN , 10 DESEMBER 2018

Miryam Disebut Terima Uang USD 1,2 Juta Dollar

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 30 Maret 2017 22:07
Miryam Disebut Terima Uang USD 1,2 Juta Dollar

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Mantan anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryani disebut telah menerima empat kali uang hasil korupsi proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik atau e-KTP. Totalnya mencapai USD 1,2 juta dollar.

Hal tersebut diungkap oleh terdakwa Sugiharto, mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Pemberian pertama sebesar Rp 1 miliar, kedua sebesar USD 500.000 dollar, ketiga USD 100.000 dollar, dan keempat Rp 5 miliar,” ujar Sugiharto dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (30/3).

Mendegar tuduhan tersebut, dengan tegas Miryam melakukan bantahan. Menurutnya apa yang dikatakan oleh Sugiharto adalah sebuah kebohongan. Dirinya menegaskan tidak pernah menerima sama sekali uang dari Sugiharto. “Tidak benar dan tidak pernah saya terima,” kata Miryam.

Seperti diketahui, Miryam dalam berita acara pemeriksaannya mengakui, mendapatkan perintah dari Chaeruman Harahap yang kala itu Ketua Komisi II DPR untuk mengambil uang dari Sugiharto yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen proyek e-KTP.

Miryam juga merupakan pihak yang membagi-bagikan uang ke pimpinan Komisi II DPR. Sebab, dalam BAP Miryam dapat menjelaskan secara rinci kronologi penerimaan uang dalam proyek e-KTP. Bahkan, Miryam menyebut nama-nama anggota DPR lain yang ikut menerima suap.

Namun pada saat bersaksi di Pengadilan Tipikor beberapa waktu lalu, perempuan kelahiran Indramayu, Jawa Barat tiba-tiba mencabut BAP. Alasannya, selama menjalani pemeriksaan dirinya diancam oleh tiga penyidik KPK. Salah satunya Novel Baswedan. Sehingga dirinya mengaku tertekan dan asal memberikan keterangan.

Miryam menyebut penyidik KPK menakut-nakutinya dengan mengatakan mereka telah memeriksa dua anggota Fraksi dari Partai Golkar, Aziz Syamsuddin dan Bambang Soesatyo dalam kasus e-KTP. (cr2/JPG)


div>