MINGGU , 27 MEI 2018

Motor Di Gowa Bertambah1.000 Unit Tiap Bulan

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 24 September 2012 11:25
Motor Di Gowa Bertambah1.000 Unit Tiap Bulan

Ruang arsip Samsat Gowa sementara direhabilitasi.

Ruang arsip Samsat Gowa sementara direhabilitasi.

GOWA – Dalam dua tahun terakhir volume kendaraan di Kabupaten Gowa terus bertambah. Berdasarkan data dari Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Gowa, untuk kendaraan roda dua (motor) mencapai 1000-an unit setiap bulan. Sedangkan untuk kendaraan roda empat (mobil) mencapai ratusan unit setiap bulan.

“Ada peningkatan yang cukup signifikan kendaraan baik roda dua maupun roda empat di Kabupaten Gowa,” kata Pamin Samsat Gowa, Ipda  Ade Firmansyah saat dihubungi, Minggu (23/9).

Tingginya volume pertambahan kendaraan di bumi bersejarah ini dalam setiap bulannya, kata Ade menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi di daerah ini meningkat tajam yang berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Peningkatan ini menjadi salah satu indikator bahwa roda ekonomi di Gowa ini berjalan bagus yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Ade.

Dengan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang cukup signifikan ini membuat pihak Samsat Gowa merasa perlu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan termasuk menjaga legitimasi keamanan arsip bagi seluruh wajib pajak kendaraan yang ada dalam wilayah kerja Samsat Gowa.

Makanya, tambah pamin yang dikenal dekat dengan wartawan, salah satu langkah yang dilakukan Samsat Gowa dalam menjaga legitimasi arsip kendaraan itu adalah dengan menghadirkan ruang arsip yang representatif. “Kita sedang melakukan pembenahan pada ruang arsip yang ada sebelumnya dengan merehab gedung arsip itu menjadi lantai dua. Supaya nantinya akan mampu memberi rasa aman bagi pemilik yang menyimpan arsif kendaraannya di kantor ini,” urainya.

Disinggung pelayanan di kantor yang beralamat di Jalan Tumanurung Kecamatan Somba Opu, dia menuturkan, pihaknya senantiasa  berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan prima bagi wajib pajak yang ingin membayar pajak kendaraannya, seperti  memangkas waktu pengurusan administrasi setiap kendaraan. “JIka sebelumnya pengurusan surat-surat setiap kendaraan memakan waktu sepuluh menit, nah kita berupaya turunkan antara lima hingga tujuh menit setiap satu unit kendaraan bisa clear urusannya. Lagian kantor ini berstandar ISO,” jelasnya.

Salah satu wajib pajak kendaraan bermotor, Zainuddin mengaku senang mengurus perpanjangan STNK di kantor Samsat Gowa. “Saya salut dengan pelayanan di kantor ini karena tidak berbelit sehingga urusan cepat beres,” ujar warga Pallangga saat ditemui di kantor Samsat Gowa, Jumat (21/9). (K1/C)


Tag
div>