MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Mourinho: Tidak Ada Zlatan, Ini Benar-benar Sulit!

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 13 Maret 2017 10:44
Mourinho: Tidak Ada Zlatan, Ini Benar-benar Sulit!

Zlatan Ibrahimovic. foto: afp

JAKARTA – Jose Mourinho tentu tidak lupa dengan lawatan terakhirnya ke Stamford Bridge bersama Manchester United pada 23 Oktober 2016. Chelsea menghajar mereka 4-0. Meski begitu, yang bikin pelatih asal Portugal itu sakit hati karena Antonio Conte, pelatih Chelsea, berselebrasi gila-gilaan.

Setelah laga, Mourinho menyempatkan diri membisiki Conte tentang tingkahnya yang dinilai berlebihan. Namun, Conte tidak peduli. Bahkan, pelatih asal Italia tersebut mungkin saja mengulanginya lagi ketika Chelsea menjamu United dalam perempat final Piala FA dini hari nanti (siaran langsung Fox Sports 1 pukul 03.45 WITA).

”Saya pikir, saya telah menunjukkan, selama periode di Chelsea, bukan hanya di sini, tapi juga di semua tim yang saya latih bahwa saya menjalani laga dengan hasrat yang besar,” kata Conte kepada Daily Star. ”Saya ingin berbagi antusiasme kepada pemain, staf, dan seluruh fans. Itu normal,” lanjutnya.

Saat ditanyai jurnalis akankah kembali berselebrasi seperti kali terakhir bersua United, dia menjawab, ”Kami tidak bakal menjalani situasi yang sama. Tapi, bagi saya, yang terpenting bisa menang. Setelah itu, baru saya memikirkan selebrasi”.

Peluang fans Chelsea menyaksikan selebrasi ala Conte cukup besar dini hari nanti. Apalagi, United tidak memainkan striker andalannya, Zlatan Ibrahimovic, yang selama musim ini terus menunjukkan jati dirinya sebagai pembeda. Ibra terkena sanksi tiga laga akibat pelanggaran keras kepada bek Bournemouth Tyrone Mings.

Musim ini klub berjuluk Setan Merah itu telah merebut dua gelar dan Ibra selalu menjadi pembeda dalam laga tersebut. Ketika memenangi Community Shield atas Leicester City, Ibra adalah penentunya. Begitu pula saat memenangi final Liga (EFL Cup) pada akhir bulan lalu atas Southampton.

”Tidak ada Zlatan. Ini benar-benar sulit. Namun, kami akan pergi ke London dengan apa pun yang kami miliki,” ujar Jose Mourinho dikutip The Telegraph. ”Kami tidak bakal menempatkan tim yang lemah seperti yang kadang dilakukan klub lain. United tidak bisa melakukan itu,” lanjutnya.

[NEXT-RASUL]

Lantas, siapa yang bisa jadi opsi Mourinho? Dari stok pemain di nomor sembilan, tersisa Wayne Rooney dan Marcus Rashford. Musim ini Rashford lebih banyak berada di posisi nomor sembilan jika dibandingkan dengan Rooney. Rashford enam kali, sedangkan Rooney lima kali.

Di sisi agresivitasnya ketika bermain sebagai striker, Rashford juga lebih baik. Di antara lima golnya bagi United musim ini, tiga gol diciptakan Rashford saat bermain sebagai striker. Dua gol di antaranya terjadi saat dia menjadi winger kiri. Meski bukan tipikal target man seperti Ibra, dribbling dan kecepatannya bisa berlari di sela-sela pemain bertahan Chelsea.

Di Premier League, dia punya akurasi 89 persen. Memenangi 4,10 kali duel udara per laga dan 18,4 passing sukses per laga. Kelebihan duel udara dan kecepatannya bisa maksimal jika United memulai serangan dengan melakukan crossing ke pertahanan The Blues, julukan Chelsea.

Dikutip London Evening Standard, Mourinho berharap baliknya ke Stamford Bridge untuk kali kedua musim ini tidak seperti Oktober tahun lalu. Ketika itu United hancur empat gol tanpa balas pada pekan kesembilan Premier League. ”Saya tidak mencari pembalasan,” tegas Mourinho.

Lebih dari itu, Mourinho berhasrat kembali ke Wembley lagi agar bisa menambah trofinya musim ini. United sudah punya trofi Community Shield dan EFL Cup. ”Dua itu saja tidak cukup. Kami ingin lebih,” ungkapnya. Dari sisa musim ini, trofi Piala FA dan Europa League menjadi asa United mencatat treble winners-nya.

Masalahnya, di Piala FA, United selalu kalah dalam dua pertemuan terakhirnya. Di final 2007 dan perempat final 2013. Selain itu, di segala ajang, Chelsea belum terkalahkan dari United dalam 11 laga terakhir. Kali terakhir Chelsea takluk oleh United pada Oktober 2012. (jpg)

Perkiraan Pemain:

Chelsea (3-4-3): 1-Begovic (g); 28-Azpilicueta, 30-Luiz, 24-Cahill (c); 15-Moses, 21-Matic, 7-Kante, 3-Alonso; 22-Willian, 19-Costa, 10-Hazard

Pelatih: Antonio Conte

Man United (4-2-3-1): 1-De Gea (g); 25-Valencia, 3-Bailly, 12-Smalling (c), 5-Rojo; 6-Pogba, 21-Herrera; 8-Mata, 22-Mkhitaryan, 11-Martial; 19-Rashford

Pelatih: Jose Mourinho

Wasit: Michael Oliver

Stadion: Stamford Bridge, London

Live: Fox Sports 1 pukul 03.45 WITA


div>