SELASA , 18 DESEMBER 2018

MRR Molor Lagi

Reporter:

Iskanto

Editor:

Jumat , 28 September 2018 08:15
MRR Molor Lagi

Middle Ring Road. (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Masalah pembebasan lahan sepertinya menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap proyek pemerintah. Bagaimana tidak, proyek jalan lingkar tengah atau Middle Ring Road (MRR) belum juga rampung hingga kini. Alasannya masih sama, yakni pembebasan lahan.

Melihat target yang telah ditetapkan, MRR harusnya September 2018 tahun ini jalan yang menghubungkan Perintis Kemerdekaan dengan daerah Antang itu sudah selesai, namun pada kenyataannya masih jauh dari harapan. Alhasil pengerjaan proyek pemecah kemacetan itu terbilang molor.

PPK III Makassar Metro BBPJN XIII, Malik mengatakam, masih ada 24 bidang lahan yang hingga saat ini belum berhasil dibebaskan. Warga yang punya hak atas lahan tersebut menutup tanahnya menggunakan seng maupun batu.

“Kami masih terkendala pada pembebasan lahan. Ini sementara diupayakan untuk diselesaikan Pemerintah Kota Makassar dengan pemilik lahan,” ungkapnya, Kamis (27/9).

Dia melanjutkan, soal anggaran untuk pembebasan lahan, semuanya sudah dititip di tim appraisal. Sebenarnya, kata Malik, jika tidak ada kendala soal pembebasan lahan, MRR tahap I ini sudah nyaris rampung.
Progres pekerjaan fisik hingga saat ini sudah berada di posisi 80 persen. Tinggal pengecoran jalan dari arah Leimena sepanjang 100 meter dan diseberang sungai sepanjang 300 meter.

Selain itu, kontraktor pelaksana juga masih merampungkan jembatan yang dibangun diatas Sungai Tellom.

Malik mengatakan, khusus untuk sisi kiri jembatan sudah tembus. Sementara sisi kanan masih dalam tahap perampungan.

Masih ada pemasangan balok di bentang tengah sepanjang 50 meter. Untuk pembebasan lahan, dia berharap semoga bisa rampung keseluruhan pada Oktober mendatang. Agar proyek tersebut bisa selesai Desember 2018.

“Tinggal pembebasan lahannya ini. Kalau selesai, pekerjaan jalannya tidak lama ji dikerja,” jelas Malik. (*)


div>