SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Mudah! Atasi Kerontokan Rambut Dengan 5 Olahan Bawang Putih

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 31 Mei 2018 14:15
Mudah! Atasi Kerontokan Rambut Dengan 5 Olahan Bawang Putih

Bawang Putih ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. (boldsky)

RAKYATSULSEL.COM – Bawang putih dikenal sebagai rempah yang memberikan rasa pada masakan. Selain itu, ternyata bawang putih memiliki segudang khasiat baik kesehatan dan juga kecantikan. Bawang putih ternyata bahan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (31/5), antioksidan yang terkandung dalam bawang putih dapat mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut sebagian besar. Vitamin C yang terkandung dalam bawang putih juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang membantu menjaga rambut sehat dan meningkatkan pertumbuhannya.

Tak hanya itu, sifat antimikroba bawang putih membantu membunuh kuman dan segala jenis bakteri yang menyebabkan kerusakan pada kulit kepala. Berikut cara mengolah bawang putih ke dalam berbagai olahan masker untuk mengatasi kerontokan rambut.

1. Bawang Putih dan Madu

Bahan: 8 siung bawang putih, 1 sendok makan madu murni

Petunjuk: ambil sekitar 8 siung bawang putih dan ambil sarinya. Tambahkan satu sendok makan madu mentah ke dalam campuran bawang putih. Campur kedua bahan dengan baik. Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, cuci dengan sampo ringan. Ramuan ini bisa digunakan selama dua atau tiga kali dalam seminggu.

2. Minyak Bawang Putih

Bahan: 8 siung bawang putih, ½ cangkir minyak kelapa/minyak zaitun, 1 bawang merah

Petunjuk: Potong bawang menjadi potongan kecil dan taruh dalam blender. Tambahkan bawang putih dan campurkan kedua bahan untuk mendapatkan pasta yang lembut. Selanjutnya, panaskan ½ cangkir minyak dalam panci dan tambahkan pasta bawang putih ke dalamnya. Panaskan sampai berubah warna menjadi coklat.

Biarkan dingin hingga suhu ruangan. Setelah mendingin, saring. Oleskan minyak ini pada rambut dan kulit kepala dan pijat lembut dengan gerakan memutar selama sekitar 15 menit. Tutupi rambut dengan topi mandi dan biarkan selama 30 menit. Bersihkan dengan sampo dan kondisioner ringan setelah 30 menit. Untuk hasil terbaik, gunakan ramuan ini tiga kali seminggu.

3. Bawang Putih dan Jahe

Bahan: sepotong jahe, 8 siung bawang putih, ½ cangkir minyak

Petunjuk: masukkan bawang putih dan jahe ke dalam blender dan campurkan untuk membuat pasta kental. Kemudian, dalam panci, panaskan ½ cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa. Tambahkan pasta jahe-bawang putih ke dalam minyak dan biarkan warnanya menjadi coklat.

Biarkan minyak mendingin. Terapkan sejumlah ini pada rambut dan kulit kepala dan biarkan terus dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan sampo ringan dan bebas sulfat.

4. Shampo Bawang Putih

Bahan: 12-15 siung bawang putih, 5-10 tetes minyak peppermint

Petunjuk: Potong bawang putih menjadi potongan kecil dan taruh dalam blender. Haluskan hingga membentuk pasta yang halus. Tambahkan 10 tetes minyak peppermint sebagai pewangi ke dalam pasta bawang putih dan campurkan kedua bahan tersebut.

Sekarang, tambahkan campuran ini ke dalam botol sampo. Gunakan sampo ini untuk mencuci rambut. Pastikan tidak menggunakan sampo ini lebih dari tiga kali seminggu.

5. Bawang Putih dan Kayu Manis

Bahan: 3 siung bawang putih, 1 batang kayu manis

Petunjuk: Pertama rebus bawang putih, batang kayu manis ke dalam sekitar 2-3 cangkir air. Tunggu sampai air menyerap semua bahan. Selanjutnya, biarkan hingga turun ke suhu ruangan.

Setelah dingin, saring. Rambut dapat dibilas dengan larutan ini dan kemudian cuci dengan air dingin. Ulangi obat ini setiap hari selama seminggu untuk hasil yang lebih baik.

(fid/JPC)


div>