Minggu, 20 Agustus 2017

Mudik Lebaran, Penumpang Kapal Diprediksi Naik Tipis

Jumat , 16 Juni 2017 13:47
Penulis :
Editor   : doelbeckz
Ilustrasi. Foto: Reza/ RakyatSulsel.
Ilustrasi. Foto: Reza/ RakyatSulsel.
JAKARTA - Momen mudik lebaran segera tiba. Pada Idulfitri tahun ini untuk transportasi laut diproyeksikan tumbuh tipis. Sampai H-13, permintaan tiket kapal, baik swasta dan milik PT Pelni rata-rata hanya naik 2,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Seperti yang terjadi pada perusahaan jasa transportasi kapal laut swasta PT Dharma Lautan Utama di H-13 penumpang tumbuh 2,5 persen. Pimpinan Cabang Dharma Lautan Utama Balikpapan Jamirin mengakui, permintaan tiket tumbuh sedikit karena kondisi ekonomi yang berdampak pada pemutusan tenaga kerja.

Menurutnya, sejak ekonomi slowdown banyak pekerja yang notabenenya berasal dari luar Kalimantan, karena PHK, akhirnya tidak lebih dulu kembali ke daerah asal atau merantau ke daerah lain. Sampai mendekati H-1 kemungkinan pertumbuhan permintaan tiket kapal dibanding tahun lalu masih bertahan di angka satu digit.

“Sebenarnya, upaya untuk merangsang agar permintaan tiket kapal meningkat sudah kami lakukan. Di awal Ramadan, kami sudah menurunkan tarif tiket kapal dari tarif normal,” bebernya usai berbuka puasa bersama dengan media, rekanan kerja, dan anak yatim piatu di Hotel Menara Bahtera belum lama ini.

Tarif normal yang sebelumnya Rp300 ribu pihaknya turunkan menjadi Rp250 ribu di awal Ramadan. Namun, ia tidak tetap mematok harga itu karena menghindari lonjakan permintaan.

“Kami menerapkan tarif berkala. Dari tarif pertama Rp250 ribu akan berangsur naik. Bahkan bisa melebihi tarif normal,” terangnya.

Menurutnya, upaya ini sudah terbukti untuk menertibkan penumpang agar tidak terjadi lonjakan permintaan. Sebelum menggunakan tarif berkala ini, ia akui pihaknya sempat kelimpungan menghadapi lonjakan permintaan tiket kapal.