MINGGU , 22 JULI 2018

Mufidah Kalla Akan Bantu Petani Cara Tanam Bunga Krisan

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 12 Februari 2016 18:14

MAROS,RAKYATSULSEL.COM – Istri Wakil Presiden RI Indonesia Mufidah Jusuf Kalla melakukan pelepasan ekspor perdana bunga krisan Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Osaka Jepang di Bandara Lama, Jumat (12/2). Disebutkan, sebanyak 6.000 tangkai yang akan dikirim ke negeri sakura ini.

Mufidah mengungkapkan, untuk lebih mengembangkan bisnis ini, dirinya akan membuat green house sebanyak mungkin sesuai dengan permintaan.

“Utamanya petani, saya akan ajari bagaimana cara menanam krisan. Tentunya, saya dibantu dari pihak kementerian untuk mengembangkan itu. Akan saya beri bibitnya,” ungkapnya.

Sebelum menanam krisan, dirinya menanam anggrek. Kata dia, ternyata banyak yang mau beli. “Tadinya cuma hobi, tetapi banyak yang mau beli. Jadi, saya buat anggrek, tetapi yang beli itu hanya tingkat mengengah ke atas,” tuturnya.

Selanjutnya, dirinya pun menanam krisan dikarenakan permintaan dari rakyat. “Rakyat mau yang murah. Rupanya ada dari Jepang yang meninjau. Akhirnya, mau dikirim ke sana juga rupanya. Jadi, saya dibantu oleh pihak pertanian untuk mengirim ke sana,” jelas Mufidah

Selain Jepang, ia pun merencanakan ekspor ke negara lain, seperti Eropa dan Australia. “Setelah melihat (bunga krisan), yang lain juga banyak yang mau, seperti Australia. Perusahaan dari Jepang sudah ngantri sekarang,” ungkapnya.

 


div>