RABU , 14 NOVEMBER 2018

Muhammad Rusdi Rasyid Berhasil Raih Gelar Doktor

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Senin , 27 Agustus 2018 21:19
Muhammad Rusdi Rasyid Berhasil Raih Gelar Doktor

Muhammad Rusdi Rasyid

Pengembangan Pendidikan Islam Pada Masyarakat Transmigran Aimas Kabupaten Sorong

Dosen Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Sorong, Irian, Muhammad Rusdi Rasyid berhasil meraih gelar Doktor dalam Bidang Pendidikan dan Keguruan pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Gelar itu berhasil ia raih setelah mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Pendidikan Islam Pada Masyarakat Transmigran Aimas Kabupaten Sorong”.

Muhammad Rusdi Rasyid mengatakan, tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan
mendeskripsikan faktor pendorong terjadinya pengembangan pendidikan Islam. Yang kedua mendeskripsikan dan menganalisis bentuk usaha pengembangan pendidikan Islam melalui pemberdayaan masyarakat transmigran Aimas Kabupaten Sorong.

“Dan yang ketiga untuk menemukan dan mendeskripsikan hasil pengembangan pendidikan Islam perspektif pemberdayaan masyarakat Islam di Aimas Kabupaten Sorong,” ujar Muhammad Rusdi Rasyid.

Adapun metode penelitian ini, kata Muhammad Rusdi Rasyid adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan pendekatan keilmuan berupa sosiologis dan historis.

“Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh masyarakat, para pembina, pembimbing, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. “Tahap selanjutnya adalah teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data,’ terangnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor penting yang menjadi pendorong pengembangan pendidikan Islam pada masyarakat transmigran Aimas Kabupaten Sorong. Pertama sosial keagamaan, kedua ekonomi, dan ketiga politik.

“Bentuk pengembangan pendidikan Islam ada tiga, yaitu melalui pendidikan formal, nonformal, dan informal berupa pembinaan, kursus, dan advokasi,” ungkapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, hasil pengembangan pendidikan Islam perspektif pemberdayaan masyarakat Islam adalah pemahaman agama membaik, jumlah lembaga pendidikan Islam meningkat seperti masjid, musala, PAUD dan madrasah. Dan yang ketiga tingkat perekonomian masyarakat membaik.

Sementara implikasi penelitian ini adalah dukungan masyarakat masih perlu ditingkatkan untuk pengembangan pendidikan Islam. Sebagaimana yang tampak pada lembaga pendidikan Islam di wilayah Aimas memiliki jumlah siswa lebih sedikit dibanding dengan lembaga pendidikan umum.

“Hal tersebut terutama pada tingkat MTs dan MA yang memiliki siswa tergolong minim dibanding SMP dan SMA,” jelasnya.

Implikasi kedua yakni penelitian secara mendalam masih perlu dilakukan terutama pada dampak atau pengaruh pendidikan Islam terhadap perkembangan perekonomian masyarakat transmigran Aimas.

“Hal tersebut penting dilakukan dengan melihat fakta bahwa perkembangan pendidikan Islam di wilayah transmigran Aimas seiring sejalan dengan perkembangan perekonomian masyarakat transmigran Aimas. (*)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Identitas Diri

Nama : Muhammad Rusdi Rasyid
NIP/NIK : 19730921 200801 1 011
Tempat dan Tanggal Lahir : Bulukumba/ 21/9/1973
Jenis Kelamin : Laki-laki
Status Perkawinan : Kawin
Agama : Islam
Golongan / Pangkat : III d/ Penata Tk. I.
Jabatan Akademik : Lektor
Perguruan Tinggi : STAIN Sorong, Papua Barat
Alamat : Jl. Sorong-Klamono KM 17 Klablim Kota Sorong
Telp./Faks. : (0951) 322133
Alamat Rumah : Jln. Puak No. 14 RT/RW 002/007 Kota Sorong
Telp./Faks. : 08124285046
Alamat e-mail : rusdipasca@gmail.com

Riwayat Pendidikan Perguruan Tinggi

– 2002 Magister Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
– 1995 Sarjana Sastra di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar

Jabatan dalam Pengelolaan Institusi

– Kepala P2M Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong 2017-2018
– Kepala Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong 2012-2014. (*)


div>