MINGGU , 22 JULI 2018

MUI Sulsel Desak Kemenag Sulsel Tertibkan Travel Liar

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 14 Februari 2016 22:21

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Majalis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Anre Gurutta KH Sanusi Baco LC, mendesak pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan agar menindak tegas travel umrah liar yang masih beroperasi di Kota Makassar dan Sulsel.

“Selaku MUI Sulsel, meminta kepada Kemenag Sulsel agar segera menertibkan dan memberikan sanksi kepada travel liar yang mengorbankan banyak masyarakat. Bahkan sebagian menerlantarkan jamaah sementara di perjalanan. Ini jelas bertentangan dengan ajaran islam. Karena Islam melarang menelantarkan jamaah dalam keadaan melaksanakan ibadah umrah,” tuturnya saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (14/2).

Pejuang Nahdatul Ulama (NU) Sulawesi Selatan ini menegaskan, hal penelantaran jamaah tidak bisa dibiarkan. Apalagi saat ini banyak pemilik travel banyak berkeliaran tanpa tindakan tegas dari pihak Kemenag Sulsel.

“Kita ingin travel yang sering bermasalah harus ditindak tegas, jangan dibiarkan beroperasi. Saat ini banyak travel sudah merugikan masyarakat. Hal ini tentu memprihatinkan ummat islam termasuk pihak MUI Sulsel,” tegasnya.

Dirinya berharap, Kemenag Sulsel bergerak cepat menindak tegas travel yang merugikan masyarakt umum, agar tidak merugikan banyak pihak.

“Kita berharap segera dan secepat ditindak tegas travel yang sering merugikan masyarakat di Makassar dan Susel,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) Abdul Wahid Thahir mengakui, selama ini pihaknya kesulitan dalam melakukan pengawasan karena belum ada direktorat yang secara khusus menangani umrah.

“Kami baru tahu ada masalah, nanti setelah ada yang melapor,” imbuhnya.

Karenanya, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan membentuk direktorat baru yang khusus menangani umrah.


div>