SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Mulai 10 November, Tol Terapkan 100 Persen Pembayaran UNIK

Reporter:

Nhera

Editor:

Iskanto

Rabu , 31 Oktober 2018 09:20
Mulai 10 November, Tol Terapkan 100 Persen Pembayaran UNIK

Jalan Tol Makassar. (foto : Fajaronline)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Manajemen Tol Makassar (BMN-JTSE) yang merupakan anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) pada 10 November mendatang, resmi memberlakukan 100 persen pembayaran menggunakan Uang Elektronik (UNIK) diseluruh ruas gerbang tol.

Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) Anwar Toha, mengatakan total gerbang tol ada sembilan dan akan diterapkan sistem pembayaran tersebut. Adapun gerbang tol tersebut yakni, gerbang tol cambaya, gerbang tol kalukubodoa, gerbang tol tamalanrea, gerbang tol parangloe, gerbang tol biringkanaya, gerbang tol bira barat, gerbang tol bira timur, gerbang tol tallo barat dan gerbang tol tallo timur.

“Kami siap untuk memberlakukan sistem UNIK 100 persen guna mendukung penuh program pemerintah dalam menerapkan pembayaran non tunai di gerbang tol. Untuk itu kami berusaha meningkatkan pelayanan operasional dengan menyiapkan infrastruktur berupa gardu pembayaran UNIK diseluruh gerbang Tol Makassar,” ungkapnya saat melaksanakan press conference, di Menara Bosowa Lantai 4, Selasa (30/10).

Hingga akhir Oktober, prensetase penggunaan UNIK di Tol Makassar masih mencapai 56 persen sejak diperkenlkan tahun lalu. Untuk itu, pihak manajemen Tol Makassar bekerjasama dengan berbagai bank seperti BCA, BRI, Mandiri, BNI untuk mempermudah para pengguna tol dalam bertransaksi.

“Kami benarkan hal ini terkesan dipaksakan dimana masyarakat harus menggunakan pembayaran UNIK, namun dengan penerapan ini bisa mendorong penerapan UNIK 100 persen. Makassar merupakan kota yang lambat dalam penerapan UNIK ini,” imbuhnya.

Bagi pengguna tol yang akan melakukan pengisian ulang kartu (top up) pihak manajemen juga menyiapkan area khusus, yakni gerbang tol cambaya dan gerbang tol kalukubodoa sert top up tunai untuk pengguna e-money digerbang tol cambaya, gerbang tol kalukubodoa, gerbang tol tamalanrea, gerbang tol parangloe, gerbang tol biringkanaya dan gerbang tol bira barat. Selain itu pengisian ulang bisa dilakukan di Indomaret, Alfamidi, dan Alfamart.

“Untuk menginformasikan kepada masyakarat terkait kebijakan ini, piham manajemen BMN-JTSE telah melakuman sejumlah sosialisasi dan edukasi mengenai adanya perubahan sistem pembayaran tol. Sosialisasi dan edukasi melalui pemasangan materi promosi billboard, spanduk, pembagian flayer sampai dengan kampanye melalui sosial media,” tutupnya. (*)


div>