JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Musrembang Kawal Visi Luwu Timur Terkemuka 2021

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 24 Februari 2016 15:39
Musrembang Kawal Visi Luwu Timur Terkemuka 2021

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Luwu Timur mulai melakukan Musyawarah rencana Pembangunan Daerah (Musrembang) tingkat Kecamatan. Musrembang perdana di Kecamatan Nuha ini diikuti seluruh SKPD, Ketua dan Anggota DPRD serta stakeholder terkait yang berlangsung di Aula Kantor Camat Nuha, Rabu (24/2).

Staf Ahli Pembangunan, La Besse saat membuka kegiatan ini mengatakan, dari musrenbang Kecamatan, outputnya diharapkan berupa perencanaan pembangunan yang sudah mencerminkan kebutuhan, yang disusun secara terprogram dan sistematis dan harus sejalan dengan visi “Luwu Timur terkemuka 2021”.

Menurutnya, visi ini dapat dicapai dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang berbasis sumber daya melalui usaha pengembangan ekonomi kerakyatan untuk mencapai kesejahteraan sosial yang berkeadilan dan berkelanjutan di dukung oleh stabilitas keamanan wilayah dan nilai nilai budaya, serta mendorong peningkatan investasi di daerah.

Selanjutnya memanfaatan ruang sesuai dengan tata ruang wilayah untuk menjamin kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan, termasuk meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana untuk menunjang percepatan pembangunan daerah.

Strategi lainnya, kata La Besse, melakukan Reformasi birokrasi untuk tata kelola pemerintahan yang baik dan mendorong berkembangnya masyarakat yang religius, kerukunan intra dan antar umat beragama serta meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar daerah.

Sementara itu, Camat Nuha, Meirani Tenriawaru dalam laporannya mengaku bersyukur atas dukungan APBD yang terus meningkat setiap tahunnya. Dimana tahun sebelumnya APBD yang masuk di Kecamatan Nuha mencapai Rp 17 Milyar lebih, kini ditahun 2016 telah mencapai Rp 20 Milyar.

Namun, kata Meirani, masih ada satu hal prioritas yang belum direalisasikan yakni pengadaan Bus Sekolah. Menurutnya permintaan Bus ini sudah sejak tahun lalu diusulkan namun hingga kini belum dapat dinikmati para pelajar. Ia berharap di forum musrembang tahun ini pengadaan fasilitas bus sekolah ini dapat diwujudkan.


div>