MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

NA Dilantik, Rujab Gubernur Sulsel Dipenuhi Karangan Bunga

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Rabu , 05 September 2018 18:44
NA Dilantik, Rujab Gubernur Sulsel Dipenuhi Karangan Bunga

Usai dilantik Rabu (5/9) pagi di Istana Negara, Jakarta, kondisi saat ini di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel dipenuhi karangan bunga.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Usai dilantik Rabu (5/9) pagi di Istana Negara, Jakarta, kondisi saat ini di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel dipenuhi karangan bunga.

Sejumlah instansi baik dari pemerintah maupun swasta pun saling berlomba-lomba memajang ucapan selamat atas dilantiknya Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Wakilnya Andi Sudirman Sulaiman pagi tadi.

Diantara karangan bunga itu, terlihat ucapan selamat datang dari instansi pemerintah, Seperi Pj Bupati Bone, Pj Wali kota Palopo, wali kota Makassar, dan sejumlah kepala daerah lainnya.

Selain itu, sejumlah kursi pun disusun dan tenda serta panggung mulai berdiri. Ini semua untuk kegiatan seremoni penyambutan gubernur Sulawesi Selatan pada Kamis (6/9) besok.

Diketahui Presiden Jokowi melantik Prof Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Periode 2018 – 2023. Prof Nurdin dan Sudirman dilantik bersama delapan pasang kepala daerah lainnya, hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Juni 2018 lalu.

Pelantikan sembilan gubernur dan wakil gubenur diawali dengan prosesi penyerahan petikan Keputusan Presiden (Keppres) dan arak-arakan Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, diikuti seluruh gubernur dan wakil gubernur menuju ke Istana Negara.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi. Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta penyematan tanda pangkat dan jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD RI 1945, dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Presiden Jokowi memimpin Sumpah Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018-2023, di Istana Negara Jakarta.

Adapun sembilan gubernur terpilih dan dan wakilnya yang dilantik Presiden Jokowi, Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (Sulsel), Edy Rahmayadi – Musa Rajekshah (Sumut), Ali Mazi – Lukman Abunawas (Sultra), Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen (Jateng), dan I Wayan Koster – Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Bali).

Selanjutnya, Sutarmidji – Ria Norsan (Kalbar),
Viktor Bungtilu Laiskodat – Josef Nae Soi (NTT), Lukas Enembe – Klemen Tinal (Papua), dan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Jawa Barat).

Setelah itu, Presiden Jokowi dan para tamu undangan memberikan selamat kepada para gubernur dan wakil gubernur.


div>