SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Nah! Ini Efek Negatif yang Mengejutkan dari Minum Kopi

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Selasa , 29 September 2015 01:54
Nah! Ini Efek Negatif yang Mengejutkan dari Minum Kopi

Kopi (ilustrasi)

RAKYATSULSEL.COM – Minum kopi sekarang ini bukan lagi menjadi kebutuhan, tapi gengsi dan memenuhi gaya hidup. Banyak kafe baru yang bermunculan dan hampir semua berlomba menyajikan kopi sebagai menu andalannya.

Beberapa dari Anda pun tidak bisa melewatkan hari tanpa mengonsumsi kopi. Ada yang merasa kurang konsentrasi, merasa lemas dan mengantuk jika tak minum segelas pun kopi.

Tapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi kopi berlebih tidak baik untuk kesehatan Anda.

Ya, sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa kafein bila dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur bisa mengganggu jam internal tubuh, yang bisa menyebabkan kelesuan pada siang hari.

Penelitian ini tidak mengatakan apa-apa tentang bagaimana konsumsi kopi di pagi hari atau sepanjang hari bisa memengaruhi jam internal tubuh. Dan, temuan ini perlu dikonfirmasi.

“Mengonsumsi kopi tidak hanya membuat Anda terjaga namun juga merusak jam internal tubuh Anda,” kata peneliti Kenneth Wright Jr, seperti dilansir laman Health, Minggu (27/9).

[NEXT-RASUL]

Studi baru ini bertujuan untuk memahami bagaimana kafein bisa memengaruhi jam tubuh.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa kafein mengganggu jam tubuh pada organisme lain dan spesies seperti ganggang, lalat buah dan mungkin tikus.

Wright dan rekan-rekannya meneliti lima orang selama 49 hari. Tiga jam sebelum tidur rutin mereka, mereka diminta untuk mengonsumsi kapsul kafein yang sama dengan espresso ganda dengan jumlah yang disesuaikan dengan ukuran tubuh mereka atau kapsul plasebo. Mereka juga terkena cahaya terang atau redup. Cahaya terang bisa mengatur ulang jam tubuh dan membuat mereka ingin tidur.

Para peneliti menemukan bahwa kafein tampaknya menunda jam tubuh peserta studi 40 menit, sekitar setengah penundaan terkait dengan paparan cahaya terang.

Studi ini menunjukkan bahwa kafein memengaruhi sinyal dalam sel, mengganggu sebuah komponen inti dari jam sirkadian seluler.(jpnn)


Tag
  • manfaat kopi
  •  
    div>