SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Nah! Laptop Milik Penyidik KPK Hilang, Isinya Bukti Perkara

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 14 November 2017 13:06
Nah! Laptop Milik Penyidik KPK Hilang, Isinya Bukti Perkara

Ilustrasi petugas KPK (doc Jawa Pos.com)

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan hilangnya laptop dari salah satu penyidiknya. Celakanya, komputer portable (laptop) itu berisi bukti dari perkara yang tengah disidik komisi antirasuah tersebut.

“Kalau isi laptopnya apa, saya tidak tau soal itu. Tapi pasti isi laptop itu adalah bagian dari pekerjaan yang dilakukan. Karena itu kan bagian dari perlengkapan kerja ya,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih, Senin kemarin, (13/11).

Adapun penyidik bernama Surya Tarmiani telah melaporkan kehilangan barang berharganya itu ke Polsek Setiabudi, Jakarta Selatan. “Dan karena ada kehilangan maka yang bersangkutan melaporkannya ke kantor kepolisian setempat, didampingi tim pemeriksa internal,” tutur Febri.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah (doc. JawaPos.com)

Sejauh ini dari kabar yang didapat, kepolisian belum menemukan pelaku dari pada pencurian tersebut. Kendati demikian, koordinasi dengan Polri masih dimungkinkan. “Ya. Karena proses di kepolisiannya pun belum ada hasilnya,” sebut mantan aktivis ICW itu.

Sementara, KPK sendiri telah melakukan pemeriksaan internal sejak laptop dari si penyidik dicuri. Soal mengapa berkas atau bukti perkara turut dibawa pulang kata Febri, karena penyidik tersebut mendapat penugasan di luar kota.

“Itu masih dalam bagian proses penyidikan. Dan waktu itu memang sudah larut malam dan tidak memungkinkan untuk kembali ke kantor pada malam itu,” jelas dia.

Terkait apakah ada sanksi, kata Febri pihaknya masih melakukan proses klarifikasi internal. “Tentu kita lihat apakah misalnya itu ada kelalaian atau tidak, atau peristiwanya seperti apa, itu dilihat lebih lanjut,” pungkasnya.

Sekedar informasi, pencurian laptop milik penyidik KPK terjadi pada awal April 2017. Surya tengah menumpang taksi.

Tiba-tiba pada saat taksi berhenti di kawasan Setiabudi, ada orang yang mengambil tas dan laptop milik ST dari bagasi belakang taksi. Si pencuri lalu kabur dengan cepat.

(dna/JPC)


div>