MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Napi Lapas Maros “Geruduk” Masjid, Sekolah dan Pesantren

Reporter:

Iqbal

Editor:

Lukman

Kamis , 02 Agustus 2018 10:10
Napi Lapas Maros “Geruduk” Masjid, Sekolah dan Pesantren

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Maros, Warsianto, saat melepas acara Merah Putih Narapidana, Bakti Bagimu Negeri, Rabu (01/07).

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Puluhan Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Maros geruduk Rumah Ibadah yaitu Masjid Nurul Jamal Kandeapi, Komplek Permata Indah Bandara (PIB) Kandeapi, Bonto Matene dan SMP Negeri 16 Mandai.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak oleh seluruh UPT Pemasyarakatan se-Indonesia sebagai rangkaian acara di bulan Agustus. Mereka yang kita libatkan adalah WBP yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif,” tutur Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Maros, Warsianto, saat melepas acara Merah Putih Narapidana, Bakti Bagimu Negeri, Rabu (01/07).

Pada kegiatan ini, Kepala Seksi Giatja, Abdullah mengatakan, ada sebanyak 24 WBP dan 20 Petugas akan bersih-bersih dengan membawa perlengkapan sendiri dari dalam lapas.

“Perlengkapan mereka bawa sendiri dari lapas, ada petugas yang mengawasi tentunya agar kegiatan ini dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pengamanan Lapas Maros, Hardiman mengemukakan bahwa gerakan ini adalah juga merupakan proses reintegrasi bagi WBP sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan perundangan.

Ditemui di halaman Masjid Komplek PIB, KB Andi Baso selaku Kasimin Kamtib menyampaikan bahwa Bakti Bagimu Negeri ini juga untuk membina kebersamaan antara WBP dan masyarakat sekitar Lapas. Itu sesuai arahan Kalapas bahwa kebersamaan antara Petugas, WBP dan masyarakat senantiasa akan merekatkan Lapas dengan masyarakat sekitar.

“Tujuan kegiatan ini juga sebenarnya untuk membangun kebersamaan, antar semua elemen yang ada,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Haji Hama Rasyid Daeng Toro selaku tokoh masyarakat sekaligus Pengurus Masjid Nurul Jamal Komplek PIB, Kandeapi – Mandai, menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Kami sangat senang karena baru kali ini ada Napi dari Lapas Maros yang bekerja bakti bersama, terlebih karena kami dibangunkan tempat pembuangan sampah,” ujarnya, saat mendampingi Kalapas Maros meletakkan Batu Pertama.

Selain di Masjid Nurul Jamal, Kandepi Mandai, Merah Putih Narapidana, Bakti Bagimu Negeri juga menyambangi Pesantren Amal Islam Kariango, yang selama ini menjadi mitra Lapas Klas II A Maros untuk kegiatan asimilasi.

“Alhamdulillah, kami dikunjungi kembali oleh pihak lapas Maros, dua tahun lalu kami diberi bantuan tower air dan samai saat ini masih dimanfaatkan oleh santri dan masyarakat sekitar,” tutur Ketua Yauasan Amal Islam Kariango, Ustadz Nasir.

“Kami sangat senang, karena dapat bantuan tempat pengolahan sampah kami harap hasilnya akan dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman,” imbuhnya. (*)


div>