RABU , 12 DESEMBER 2018

NasDem dan PKS Siap Bangun Koalisi

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 13 Juni 2017 18:43
NasDem dan PKS Siap Bangun Koalisi

Ilustasi. Dok.RakyatSulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem menyiapkan strategi untuk berkoalisi di Pilkada serentak 12 Kabupaten/Kota dan Pilgub Sulsel. Rencana itu bukan tanpa alasan, Koalisi PKS-NasDem di Pilkada Takalar 2017 lalu, berhasil menumbangkan pasangan incumben yang diusung oleh koalisi gemuk.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPW PKS Sulsel, Irwan ST mengaku jika pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse dan sejumlah pengurus teras NasDem Sulsel beberapa waktu lalu. Meski pada pertemuan itu ada kesamaan simulasi koalisi di 11 Kabupaten/Kota. Tapi, Irwan mengaku pada dasarnya akan membangun koalisi secara keseluruhan dan bahkan hingga Pilgub Sulsel mendatang.

“Ke 12 Daerah kita jajaki semua malah. termasuk Pilgub,” ungkap legislator DPRD Makassar ini, Selasa (13/6).

Legislator DPRD Makassar ini menambahkan, komunikasi dengan RMS sangat intens membicarakan soal simulasi koalisi tersebut. Baik PKS serta RMS sebagai nahkoda Nasdem Sulsel membangun semangat yang sama untuk memenangkan semaksimal mungkin Pilakada 2018 dengan membangun koalisi.

“Tetapi kondisi masing maaing daerah yang Pilkada berbeda-beda, dan baik pak RMS maupun kami di PKS tidak akan memaksakan keseluruhan daerah tersebut untuk harus berkoalisi,” terangnya.

Tapi untuk beberapa daerah yang memang peluang untuk berkoalisi cukup besar, kaya dia, pihaknya mendorong untuk lebih cepat diselesaikan paket pasangannya dibawah usungan Nasdem dan PKS.

“Untuk beberapa daerah kami masih akan melihat hasil survey setelah lebaran. Soalnya survey ini nanti cukup menentukan tokoh kader dari masing-masing partai (Nasdem & PKS) yang akan kita dorong,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

Sementara itu, Rusdi Masse mengatakan, simulasi koalisi tersebut tidak harus memaksakan kader. Meskipun memperioritaskan kader, tapi baik PKS maupun NasDem sudah siap mengusung di luar dari kader internal masing – masing.

Hal ini dilakukan di daerah yang dianggap belum memiliki kader yang potensial, atau daerah yang dianggap memiliki figur eksternal yang kuat dan potensial bisa, misalnya NasDem yang telah menetapkan Sekda Sulsel, Abdul Latif (Pinrang), Fatmawati Rusdi (Sidrap) dan Takyudin Masse (Sinjai) sebagai bakal Cabup usungan NasDem.

“Tidak harus kader juga. Bisa saja bukan kader, seperti Sinjai, Pinrang dan Sidrap,” tutup Bupati Sidrap


div>