SENIN , 22 OKTOBER 2018

NasDem Gagal Rebut Iksan

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 08 Desember 2016 10:55
NasDem Gagal Rebut Iksan

int

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Jeneponto yang dilaksanakan di Gedung Sipitangngarri dengan menetapkan Iksan Iskandar sebagai Ketua DPD dengan masa bakti 2016/2019 membuat peluang Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk merekrut Bupati Jeneponto tersebut tertutup rapat.

Wakil Ketua Bidang Media dan Informasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel, Arum Spink mengucapkan selamat kepada Iksan Iskandar. Menurutnya, pilihan Iksan tersebut akan sangat dihargai oleh DPW Partai NasDem Sulsel.

“Tentu kita akan mengucapkan selamat, kalau memang Pak Iksan sudah pasti menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Jeneponto, tentu hal itu adalah pilihan yang sudah dipertimbangkan oleh beliau. Terima kasih banyak Pak Iksan,” kata Arum ketika dihubungi, Rabu (7/12).

Politisi asal Bulukumba itu mengaku, selama ini DPW Partai NasDem Sulsel telah membangun komunikasi yang baik dengan Iksan. Ia juga mengaku telah mengajak Iksan untuk bergabung dengan Partai NasDem.

“Komunikasi kami di DPW NasDem Sulsel dengan Pak Iksan itu baik, kami malah pernah mengajak Pak Iksan untuk bergabung dengan kami dalam program “Indonesia Memanggil”, tapi kan pilihan sudah diputuskan sendiri oleh Pak Iksan, dan kita menghargai itu,” terangnya.

Anggota Komisi A DPRD Sulsel itu mengaku, DPW Partai NasDem Sulsel hanya seperti sales yang menawarkan posisi kepada Iksan. “Kami ini tidak bisa berbuat banyak karena kan memang keputusan itu ada pada yang bersangkutan (Iksan), kami hanya ingin mempersiapkan tokoh dan kapasitas mumpuni untuk diberikan tokoh seperti Pak iksan dengan tempat dan dengan politik serta gagasan Partai Nasdem,” ulasnya.

[NEXT-RASUL]

Adapun ketika ditanya mengenai apakah posisi lobi politik yang ditawarkan kepada Iksan, Arum Spink mengaku bahwa untuk tokoh politik seperti Iksan tentu akan diberikan posisi yang pas sesuai dengan kapasitasnya. Salah satunya, kata dia, adalah struktur kepengurusan harian pada DPD NasDem Jeneponto.

“Saya kira kalau untuk tokoh sekelas Pak Iksan tidak mungkin dilobi untuk tidak masuk dalam struktur kepengurusan harian, tentu DPW akan melihat potensi Pak Iksan secara bijak, tapi kan saat ini keputusan sudah dibuat. Jadi saya kira tidak perlu saya komentari terlalu jauh, kesannya nanti tidak elok,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPW NasDem Sulsel, Tobo Haeruddin mengatakan tidak tahu secara detail isi pembicaraan DPW NasDem Sulsel dengan pihak Iksan Iskandar. Menurutnya, dirinya tidak terlibat secara langsung dalam pertemuan tersebut.

“Saya kurang paham dengan pertemuan itu, karena terus terang saja, saya tidak terlibat secara langsung. Dan tidak pernah juga disampaikan dalam forum rapat di DPW NasDem Sulsel, coba meki cek langsung sama Pak Ketua DPW, Pak Rusdi,” kata Tobo.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar mengatakan pertemuan dirinya dengan Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse beberapa waktu yang lalu hanyalah merupakan pertemuan biasa saja. Menurutnya, pertemuan tersebut dilakukan untuk meminta petunjuk dan tips Rusdi menghadapi Pilkada periode kedua.

“Memang saya sempat bertemu dengan Pak Rusdi, namun pertemuan itu hanya dilakukan karena saya dan Pak Rusdi sama-sama bupati. Sekaligus saya meminta tips beliau (Rusdi) bisa berhasil pada periode keduanya pada Pilkada Sidrap,” ungkapnya.

[NEXT-RASUL]

Menurutnya, tips dari Rusdi tersebut akan sangat bermanfaat bagi dirinya yang akan kembali maju pada Pilkada Jeneponto 2018 mendatang. “Saran dan kritikan dari Pak Rusdi beberapa waktu yang lalu itu sangatlah berharga, karena kan Pak Rusdi ini berhasil mempertahankan posisinya hingga pada periode keduanya,” jelasnya.

Meski demikian, Iksan juga mengaku sempat diajak bergabung dengan Partai NasDem. “Iya memang kalau dalam posisi mengajak, saya pernah diajak bergabung dengan Partai NasDem, dan pertemuan itu berlangsung beberapa kali,” ucapnya.

Ketika ditanya mengenai mengapa memilih bergabung dengan Partai Golkar, Iksan mengatakan karena Partai Golkar membuka pintu komunikasi lebih awal. Namun demikian, dirinya juga sangat menghargai ajakan Partai NasDem.

“Alasannya hanya simpel, yah karena Partai Golkarlah yang membuka ruang komunikasi dengan saya dibandingkan dengan partai yang lain, adapun mengenai semua partai yang mengajak itu saya sangat menghargai semuanya termasuk Partai NasDem,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse melakukan pertemuan tertutup bersama Bupati Kabupaten Jeneponto Iksan Iskandar di Hotel Sahid Makassar, Sabtu (5/11) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, baik Rusdi Masse maupun Iksan Iskandar mengaku tidak membicarakan hal hal yang menyangkut politik. Kecuali sharing tentang Pemerintahan dan diskusi pengalaman kedua bupati ini memimpin daerah mereka masing masing. Di hadapan Rusdi, bupati Jeneponto yang akrab di sapa Karaeng Ninra mengakui keuletan Rusdi dalam memimpin Sidrap yang sukses menekan angka kemiskinan serta Pendapatan Perkapita rakyat nya.

Sementara itu usai pertemuan, Rusdi mengaku jika pertemuan tersebut tak lepas dari kapasitasnya sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel Rusdi enggan menyampaikan hasil pertemuannya dengan Karaeng Ninra–sapaan akrab Iksan Iskandar.

[NEXT-RASUL]

Meski demikian, Rusdi mengaku menjelaskan visi dan program Partai Nasdem di Sulsel. Salah satu diantaranya adalah bagaimana menciptakan Sulsel itu tidak ada lagi masyarakat miskin, tidak ada lagi warga kelaparan. “Itu semua akan menjadi program utama partai Nasdem Sulawesi Selatan. Dan saya yakin, Karaeng sepakat dengan hal ini,” kata Rusdi. (E)


div>