SABTU , 20 OKTOBER 2018

Nasdem Pesimis Biaya Naik Haji Bisa Turun

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 07 April 2016 09:45

RAKYATSULSEL.COM – Penentuan besaran Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) tahun 2016 diperkirakan akan lebih molor karena kepastian penambahan kuota sebanyak 10.000 jamaah untuk tahun ini masih belum jelas.

“Kementerian Haji Arab Saudi masih belum berterus terang untuk memberikan kepastian, sehingga kondisi ini menyulitkan Komisi VIII untuk segera menentukan besaran BPIH,” kata anggota Panja BPIH Komisi VIII DPR, KH. Choirul Muna, dalam keterangan beberapa saat lalu (Kamis, 7/4).

Padahal, kata politisi Partai NasDem ini, penetapan kuota haji itu sangat penting dalam pembahasan BPIH untuk memastikan jumlah pemondokan, katering, dan transportasi yang dibutuhkan jamaah haji Indonesia.

Choirul Muna menambahkan, harapan untuk menurunkan besaran BPIH juga menghadapi dilema di tengah harga avtur penerbangan turun secara signifikan.

“Kelihatannya BPIH sulit untuk diturunkan walaupun ongkos penerbangan bisa ditekan, karena mulai tahun ini Arab Saudi menerapkan kenaikan pajak yang mencengangkan,” demikian Muna. (rmol)


div>