SENIN , 17 DESEMBER 2018

Negara Ini Jadi Produsen Ganja Terbesar di Dunia

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Rabu , 07 Maret 2018 14:30
Negara Ini Jadi Produsen Ganja Terbesar di Dunia

Ganja (Sky News)

RAKYATSULSEL.COM – Inggris menjadi negara eksportir ganja untuk kebutuhan medis. Menurut PBB, Inggris menjadi penghasil ganja legal terbesar di dunia yang digunakan sebagai bahan medis dan ilmiah.

Inggris menghasilkan sebanyak 95 ton ganja legal yang berarti dua kali lipat lebih banyak dari jumlah produksi tahun 2016 lalu. Badan Narkotika Internasional PBB mengatakan, Inggris menyumbang total produksi 44,9 persen ganja di dunia.

Kanada menjadi pesaing Inggris dalam produksi ganja dengan jumlah 80,7 ton. Inggris bertanggung jawab atas kasus tersebut karena, sekitar 2,1 ton ganja yang tersebar di dunia 67,7 persen berasal dari Inggris lalu disusul Belanda yang menghasilkan sebanyak 16,4 persen ganja.

Kelompok kebijakan obat-obatan mengkritik Pemerintah Inggris mengenai kasus produksi ganja. Mereka menyatakan menolak mengizinkan ganja untuk kepentingan medis sekalipun karena ganja tak memiliki nilai terapeutik.

Seorang analis kebijakan senior Transform, Steve Rolles mengatakan, hal itu memalukan dan ganja tidak memiliki kegunaan medis.

Seperti dilansir Sky News, Selasa (6/3), Rolles menambahkan, pasien di Inggris ditolak aksesnya terhadap ganja legal. Namun mereka juga bisa membeli ganja di pasar gelap.

Negara-negara yang memiliki akses yang tepat terhadap ganja yang digunakan dalam dunia medis tidak memiliki masalah dengan kasus ini. Sebab ganja yang digunakan sudah diatur dengan standar dokter dan apoteker.

Obat berbasis ganja diproduksi oleh GW Pharmaceuticals. Obat tersebut hanya tersedia dengan resep dokter bagi pasien yang menderita penyakit multiple sclerosis.

(trz/JPC)


div>